Nusa Dua (Metrobali.com)-

Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang berlangsung di Hotel Ayodya Resort Bali Nusa Dua dari tanggal 1 – 2 April 2013 tengah malam tadi telah berakhir dan langsung dilakukan penutupan dengan sederhana oleh Ketua KPI Pusat Mochamad Riyanto. Rakornas merupakan forum tingkat nasional KPI yang penyelenggaraanya dirangkaikan dengan peringkatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-80.

Peringantan Harsiarnas 1 April 2013 mengusung tema “ Membangun Indonesia Melalui Penyiaran” dihadiri oleh  Menkominfo Tifatul Sembiring dan Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Djoko Suyanto yang juga sebagai pembicara kunci.

Rakornas kali ini membahas beberapa agenda penting dan menghasilkan beberapa rekomendasi terutama dalam hal fungsi dan kewenangan KPI sesuai dengan UU No.32/2002 tentang Penyiaran. Agenda penting lainnya yaitu terkait proses alih teknologi digitalisasi di bidang penyiaran di Indonesia. Perkembangan teknologi digitalisasi dan pesatnya kemajuan teknologi di bidang penyiaran, telah mendesak adanya pembenahan yang lebih partisipatif dan sunguh-sungguh terhadap perkembangan dunia penyiaran di masa yang akan datang baik oleh pemerintah, KPI, Masyarakat dan seluruh Lembaga Penyiaran di Indonesia.

Secara umum agenda Rakornas KPI 2013 di bagi menjadi tiga bagian utama yaitu; bidang Kelembagaan, Isi Siaran dan Bidang Perijinan. Tiga agenda lain juga dibahas secara khusus yaitu; Blueprint Digitalisasi, Sistem Stasiun Jaringan (SSJ), dan Regulasi Penataan Perijinan Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB). Dari keenam bidang utama tersebut kemudian diturunkan menjadi 29 items rekomendasi. Items Rekomendasi yang disepakati antar lain berkenaan dengan penguatan literasi media, draf peraturan penyiaran pemilu dan pemilukada, standarisasi program KPI dan tahapan perijinan bagi lembaga penyiaran.

Dalam sabutan penutupan, Ketua KPI Pusat Mochamad Riyanto atas nama KPI se Indonesia mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Bali yang telah mendukung pendanaan dan fasilitas untuk menyukseskan pelaksanaan Rakornas KPI 2013 di Bali. Sebelumnya minggu 31/3 seluruh peserta Rakornas diterima oleh Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam acara “welcome diner”di Gedung Jaya Sabha Denpasar.

Baca Juga :
Data Perbaikan BLSM “Dicuekin”, Kadis Sosial Jembrana Kecewa

Di akhir acara penutupan Rakornas, secara khusus Ketua KPI Daerah Bali Drh. Komang Suarsana,MM atas nama Komisioner, Sekretariat dan seluruh Panitia Darah, menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh peserta Rakornas yang telah dengan tekun dan tertib mengikuti seluruh tahapan acara mulai dari kedatangan hingga Rakornas berakhir. Suarsana juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak, terutama lembaga penyiaran lokal dan nasional televisi maupun radio yang sejak awal telah berpartisipasi untuk menyukseskan pelaksanaan Rakornas KPI 2013 di Bali. MN-MB