bedah-rumah-1

Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra saat meresmikan sekaligus menyerahkan kunci bedah rumah yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu pada Minggu (30/10) di Peguyangan.

Denpasar (Metrobali.com)-

Berbagai inovasi dan program untuk membantu mengangkat perekonomian masyarakat kecil serta pembangunan yang merata terus dilakukan Pemerintah Kota Denpasar, seperti yang dilakukan pada Minggu (30/ 10) Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra meresmikan sekaligus menyerahkan kunci bedah rumah yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu. Program Bedah Rumah yang dilakukan  oleh Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Peguyangan merupakan kali pertama yang dilaksanakan di Kota Denpasar dan pada kesempatan ini diberikan kepada dua (2) keluarga yakni keluarga I Wayan Arya, Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan dan keluarga I Ketut Suana Banjar Saih Desa Peguyangan Kaja. Kegiatan ini juga dihadiri Camat Denpasar Utara Nyoman Lodera, Ketua LPD serta Bendesa adat Peguyangan. 

“Bedah rumah sehat ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kerjasama antara LPD dan pemerintah Kota Denpasar dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan yang merata di Kota Denpasar. Disamping itu juga sebagai suatu langkah membangkitkan semangat LPD yang dimana visi misinya untuk  memperhatikan serta mesejahterahkan masyarakat dan ikut serta dalam meratakan pembangunan sekitarnya.”, ujar Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra saat meresmikan dan menyerahkan kunci bedah rumah.

Dengan adanya Bedah Rumah ini, Rai Mantra berharap dapat dijadikan  contoh oleh LPD lainnya, dimana LPD sebagai lembaga yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat terus melaksanakan program-program pro rakyat yang nyata dirasakan masyarakat. Ia juga menginginkan seluruh LPD untuk merancang dan meprogramkan kegiatan semacam ini yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Dalam kesempatan itu Rai Mantra juga memberikan bantuan berupa seperangkat tempat tidur kepada masing-masing keluarga yang mendapat bedah rumah.

Bedah Rumah ini diberikan kepada keluarga kurang mampu di Desa Pakraman Peguyangan yakni kepada keluarga I Wayan Arya yang kesehariannya menjadi seorang buruh (pegawai harian) di perusahaan kaca dan memiliki lima (5) orang anak. Sedangkan keluarga I Ketut Suana yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan dan memiliki tiga (3) orang anak.  Dalam pembangunan Bedah Rumah menghabiskan dana sebesar Rp. 37.500.000 dengan luas bangunan 26,4 M2.  

Kepala LPD Desa Pakraman Peguyangan I Wayan Darmita mengatakan, ini merupakan program CSR di Tahun 2016. Selain dana untuk kepentingan sarana prasarana Desa, kami juga menyisihkan dana untuk membantu keluarga kurang mampu. “Biar masyarakat tahu bahwa LPD itu mampu untuk bisa membatu masyarakat dalam melaksanakan pemerataan pembangunan yang tidak lain berupaya mensejahterakan masyarakat”, ujarnya.

Program ini lebih lanjut Darmita mengatakan akan kami rancang setiap Tahunnya, Walikota Rai Mantra juga mengarahkan untuk bekerjasama dengan pihak swasta dan tentunya Pemeritah dalam mendukung program-program pro rakyat ini. 

Sedangkan penerima Bedah Rumah, I Ketut Suana mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih  kepada Pemeritah Kota Denpasar dan LPD Desa Peguyangan khususnya yang telah memberikan bantuan berupa rumah. Ia merasa sangat bahagia memiliki pemimpin yang peduli kepada masyarakat serta telah memberi semangat baru dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. EKA-MB

Baca Juga :
BNPB Butuh Tambahan 1.000 Personel Tangani Bencana