Jakarta, (Metrobali.com)

Raffi Ahmad yang kini dijuluki sebagai “Sultan of Content” di Tanah Air, meyakini bahwa kreator konten Tanah Air bisa sukses di industri hiburan digital dengan mengangkat kearifan lokal dari daerahnya.

Ia bahkan langsung menyebutkan contoh kreator konten lokal yang sukses dengan mengangkat kearifan lokal dan kreativitasnya adalah Mak Betty.

“Mak Betty itu kan terkenal dan namanya besar berkat vlognya dia. Dia asal Medan, bikin vlog sitkom dengan kondisi satu orang tapi gonta- ganti baju. Dia bawa bahasa asal Medan ke vlog-nya. Itu sangat menarik. Bayangkan kita punya banyak sosok sejenis itu di Indonesia,” kata Raffi menyampaikan keyakinannya pada industri kreator konten di Indonesia yang akan terus bertumbuh dalam jumpa pers virtual, Selasa.

Menurut Raffi, kreator konten di daerah- daerah yang tersebar di Indonesia juga tidak akan kehabisan akal untuk mengangkat budaya lokal sebagai kontennya karena dalam satu budaya saja ada beragam topik yang sebenarnya bisa dibahas jika diriset dengan matang.

Sebagai contoh topik cerita horor, menurut suami dari Nagita Slavina itu setiap daerah pasti memiliki cerita horor hingga urban legend yang tentunya menarik untuk dikupas.

“Misalnya lagi selain cerita horor, di tiap daerah itu suka ada kan kegiatan yang boleh dilakuin atau tidak boleh dilakuin seperti ‘do and don’t’-nya itu sebenarnya bisa digali. Kalau digali itu luar biasa banget. Kreator konten lokal kita bisa sangat- sangat maju,” kata Raffi.

Untuk itu ia mengajak para kreator konten di Indonesia bisa mengangkat kearifan lokal dari masing- masing daerahnya sehingga industri hiburan digital dapat semakin maju.

Kolaborasi dengan kreator lokal juga akan menjadi strategi bisnis Raffi untuk memajukan salah satu platform audio digital besutan anak bangsa yang menerima investasi dari RANS Entertaintment yaitu Noice.

Baca Juga :
Berbagai Lomba Dilaksanakan Dalam Menyambut Hari Kesehatan Nasional KE-49

Dengan mengedepankan konten dan juga kreator lokal atau inisiatif hiperlokal maka diyakini platform Noice bisa bersaing dengan platform audio lainnya yang kini berasal dari luar negeri.

“Indonesia ini besar banget, kisah- kisah lokal dan kreatornya pun banyak banget. Yakin jika digali kreativitasnya mereka akan jadi kekuatan luar biasa,” tutup Chairman RANS Entertaintment itu.

Sumber : Antara