Denpasar (Metrobali.com)-

Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PWAWBP) Bali bakal menggelar Mahasabha II tahun 2012, Jumat (26/10) mendatang di Tulikup, Gianyar. Setelah sukses menggelar Mahasabha ke-1 di Wantilan Sri Kesari Warmadewa Pura Agung Besakih, Karangasem, tahun 2008 yang sekaligus menjadi cikal-bakal kelahiran dari PWAWBP Bali, tepatnya 26 Oktober 2008.

PWAWBP Bali ini merupakan organisasi sosial kekeluargaan dan keagamaan dengan landasan sejarahnya. Yakni Bhisama dan sejarah perjalanan Ida Bhatara Leluhur Danghyang Bang Manik Angkeran dan Ida Bang Banyak Wide. Sedangkan, kegiatan Mahasabha, yang digelar selama empat tahun sekali ini sebagai wahana demokrasi meningkatkan semangat kesucian dalam suasana kekeluargaan serta menguatkan sradha bhakti dan menjunjung tinggi bhisama Ida Bhatara Kawitan.

Ketua Harian PWAWBP Bali, I Ketut Sudikerta, yang juga wakil bupati Badung berharap Mahasabha ke-2 tahun ini betul-betul dapat mengemban Bhisama dan bhakti terhadap Ida Bhatara Kawitan dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju kehidupan yang sukerta.

Diakuinya, Mahasabha II sebagai pedoman dasar dalam menegakkan dharma bhakti para warga pratisantana dari PWAWBP Bali dalam swadharmaning sakawitan, swadharmaning masemetonan sesuai dharma agama dan dharma negara. “Sehingga PWAWBP Bali benar-benar bisa memegang teguh jiwa menyama braya, dan senatiasa berada di tengah masyarakat tanpa membeda-bedakan soroh,” harapnya.

Mahasabha ini melibatkan para utusan atau perwakilan pengurus PWAWBP di setiap kabupaten/kota masing-masing sebanyak 20 orang dan juga melibatkan peninjau dari kalangan pemangku, kelian atau wakil dari masing-masing parhyangan yang disebut Pura, Merajan, Paibon, Dadia, Panti di seluruh Bali. IJA-MB

Baca Juga :
Harumkan Nama Bali, PPS Kertha Wisesa Raih Juara Umum di USM Pencak Silat Championship 2018 Semarang