puting tra

Klungkung (Metrobali.com)-

Angin kencang (putting beliung) yang menerjang Klungkung, Rabu (19/2)   siang mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon besar. Sebuah pohon pule ukuran raksasa disetra Desa Adat Tegalwangi, Kecamatan Banjarangkan roboh dan menimpa sejumlah pelinggih di madya mandala, Pura Dalem Desa setempat. Pelinggih tersebut diantaranya pelinggih prajapati, apit lawang, pewaregan, bale pamiyosan, bale gong, bale kulkul, candi bentar, candi kurung, tembok penyengker dan lainnya.

Menurut penuturan Bendesa Adat Tegalwangi, Wayan Kota, angin kencang terjadi begitu cepat.  Dengan rusaknya sejumlah pelinggih, kerugian ditafsir Wayan Kota mencapai 1 milyar rupiah. “Dengan kondisi seperti ini, kerugian mencapai 1 milyar,”jelasnya.

Sementara dalam waktu hampir bersamaan, sebuah pohon beringin di Desa Adat Sengkiding, Kecamatan Banjarangkan juga roboh dan menimpa Pura Manik Mas yang ada disampingnya.

Menurut kelian pura, Wayan Sumerta, robohnya pohon beringin ini telah mengakibatkan rusaknya sejumlah pelinggih. Diantaranya bale piyasan, pelinggih pengaruman, panggungan, bale penganteb, mascara mascatu dan apit lawang. “Kerugian kami perkirakan mencapai 300 juta rupiah,”ujar Sumerta.

Robohnya pohon beringin ini selain menimpa Pura Manik Mas, dahan yang begitu panjang juga menimpa sebuah pelinggih sanggaran agung di Pura Desa Adat Sengkiding yang lokasinya bersebelahan dengan Pura Manik Mas. Namun, kerusakan yang diakibatkan tidak separah dua pura sebelumnya.

Sementara itu, musibah ini langsung mendapat perhatian serius Wakil Bupati Klungkung, Made Kasta. Wabup Kasta yang juga selaku Ketua Satkorlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Klungkung ini meninjau langsung ketiga pura tersebut. Wabup menghimbau kepada warga yang disekitarnya ada pohon besar seperti ini agar segera melakukan koordinasi, melakukan rembug untuk penanggulangannya sehingga bencana seperti ini tidak terulang lagi. Sementara terkait bantuan atas kerusakan ini, Wabup memerintahkan instansi terkait beserta tim untuk melakukan koordinasi. “Kita sudah cepat lakukan koordinasi,”jelas Wabup Kasta. SUS-MB

Baca Juga :
Tim Advokasi Mantra-Kerta Protes Bawaslu Soal Laporan Pengucilan Warga dari Banjar