Denpasar (Metrobali.com)-

Peringatan Hari AIDS se-Dunia yang dirangkaikan dengan hari Kesehatan Nasional Ke-48 dapat dijadikan moment penting dalam meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat. Sehingga dapat berorientasi berbuat sehat untuk masyarakat, serta nantinya dapat  menyongsong Millennium Development Goals (MDGs) pada bidang kesehatan yang diharapkan tuntas pada 2015 nanti.  Demikian disampaikan Sekda Kota Denpasar A.AN Rai Iswara pada peringatan Hari AIDS Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional, Sabtu (1/12) di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Denpasar Ny. Antari Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Denpasar Ny. Kerti Rai Iswara, Kadis Kesehatan dr. Luh Putu Sri Armini, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti, serta Kelompok Siswa Peduli AIDS (KSPAN).

Lebih lanjut dikatakan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kepada istansi terkait yakni Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, dan Puskesmas dapat terus meningkatkan sarana prasarana, dan Sumber Daya Manusia sebagai penunjang dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
Pemkot Denpasar menurut Rai Iswara dalam memperbaiki derajat kesehatan masyarakat telah mencanangkan program JKBM Plus yang bekerja sama dengan ASKES Denpasar. Hal ini sebagai pendukung program JKBM Pemerintah Propinsi Bali. Sehingga bagi masyarakat yang belum mendapatkan pelayanan maksimal, dapat  di tanggulangi Pemerintah Kota Denpasar. Salah satunya pada pelayanan cuci darah, yang dicanangkan hanya enam kali. Jika melewati jumlah ini mulai Bulan Agustus lalu masyarakat dapat pelayanan lebih yang ditanggulangi melalui dana APBD Denpasar. Hal ini juga sebagai salah satu indikator menopang nilai rata-rata tingkat Nasional dalam bidang kesehatan. Rai Iswara juga mengharapkan kepada masyarakat untuk  terus berupaya meningkatkan koordinasi komunikasi dengan instansi terkait sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.
“Diharapkan kepada generasi muda dalam menaggulangi tingginya kasus AIDS di Denpasar dapat terus menggetok tularkan pemahaman tentang AIDS kepada masyarakat, sehingga dampak dari virus ini dapat kita tanggulangi,” ujar Rai Iswara
Sementara Kadis Kesehatan Kota Denpasar dr. Luh Putu Sri Armini mengatakan tujuan dari kegiatan kali ini untuk meningkatkan semangat, kepedulian, dan komitmen gerakan nyata yang harus diperjuangkan seluruh komponen masyarakat. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan launching Website Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Denpasar yang nantinya dapat mempercepat respon masyarakat, sehingga dapat mencegah infeksi baru serta dapat mengurangi dampak terhadap virus yang menyerang kekebalan tubuh manusia ini. Pada kesempatan  juga dilakukan penyerahan hadiah oleh Sekda Rai Iswara kepada para pemenang lomba-lomba serangakain Hari Aids se-dunia. PUR-MB
Baca Juga :
Yuddy Minta Polisi Layani Rakyat dengan Cinta