Gianyar (Metrobali,com)-

Sebanyak 6.687 pohon jenis, albesia, kajimas, gamelia, mahoni, durian otong, manggis, nangka, pinang dan manggis ditanam untuk lebih menghijaukan areal Pura Pucak Pausan, Buahan Kaja Payangan. Penanaman dilakukan oleh Bupati Gianyar, Wakil Ketua DPRD Gianyar, Muspida, Pejabat Pemkab. Gianyar, Organisasi perempuan dan masyarakat setempat.
Menurut Ketua panitia, Ir. I Gusti Ayu Dewi Hariani, Msi, penghijauan kali ini serangkaian Puncak Acara Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon yang dipusatkan di Pura Pucak Pausan, Desa Buahan Kaja, Payangan, Selasa (4/12).
Penanaman Satu Milyar Pohon dan Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara pohon merupakan kegiatan penanaman secara nasional yang dilaksanakan oleh Pemkab. Gianyar. Kegiatan dilaksanakan baik melalui sektor kehutanan maupun sektor diluar kehutanan serta gerakan moral masyarakat, sejalan dengan arahan Presiden. Hal ini untuk mendukung komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon sebesar 26% pada Tahun 2020.
“Hingga akhir November  sudah ditanam sebanyak 267.100 pohon ditanam diluar kawasan hutan dengan berbagai jenis tanaman bersumber dari APBN, APBD dan batuan pihak ketiga,” ujar Dewi Hariani.
Bupati Gianyar, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati selepas melakukan penaman pohon menyampaikan kegiatan ini sangat positif untuk menjaga kelestarian lingkungan. Upaya untuk menghijaukan lingkungan dan menjaga kelestarian patut dilaksanakan secara berkesinambunagan.
“Dipilihnya daerah Pausan, Buahan Kaja, Payangan sebagai pusat puncak acara penanaman satu milyar pohon dan gerakan perempuan tanaman dan pelihara pohon, karena sesuai dengan zona pengembangan wilayah di Kabupaten Gianyar, Payangan merupakan daerah konservasi air dan kawasan pertanian,” ujar Cok Ace. ADI-MB
Baca Juga :
Rumah dinas pastor Gereja Santo Yosep Purwokerto terbakar