Mangupura (Metrobali.com)-
Pura Gunung Payung yang juga disebut Pura Bukit Payung merupakan salah satu pura Dhang Kahyangan yang ada di Pulau Bali, Pura yang terletak di arah Timur Desa Pakraman Kutuh Kuta Selatan Kabupaten Badung  juga termasuk salah satu kahyangan pangibeh. Berada di tepi tebing karang yang kokoh dengan hamparan lautnya membentang  indah arah Selatan pura membawa keberadaan pura ini penuh dengan kemagisan dan penuh  dengan Keagungan . Pura Gunung Payung yang diyakini sebagai tempat  atau kawasan suci oleh masyarakat Desa Pakraman Kutuh dan masyarakat sekitar seperti Desa Pakraman Kampial, Peminge dan Desa Pakraman Ungasan.
 Bertepatan dengan hari Purnama Kaulu Anggara Kuningan Beteng, yang merupakan Puncak dari piodalan di Pura Dang Kahyangan Gunung Payung Kutuh Kuta Selatan Kabupaten Badung. Bupati Badung Anak Agung Gde Agung beserta Nyonya Ratna Gde Agung didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R Swandika beserta Istri, ikut serta pejabat terkait lainya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung mengikuti persembahyangan bersama dengan masyarakat se-Dharma. Selasa (7/02).
Tempat Pemujaan Gunung Payung dengan Kubung alamnya sebagai tempat air suci, bukan karena disucikan oleh   manusia tetapi suci oleh alamnya sebagai tempat suci tempat inilah yang diyakini memancarkan sinar suci yang  memberikan getaran dan pencarahan sinar mulia dan kesucian kepada humat. Oleh karena itu masyarakat mempunyai kepercayaan akan kekuatan alam ini.  Pura Gunung Payung sebagai Kahyangan Puncak/Gunung yang merupakan tempat bersemayamnya para dewa mempunyai peranan penting dalam perkembangan tempat pemujaan Agama Hindu dan gunung merupakan suber dari kehidupan. MB1
Baca Juga :
Gebyar Vaksin Kanker Serviks Gratis Pertama di Indonesia: Badung Tembus 1.539 Siswi