Foto: Rembuk Rakyat “Mencari Penerus Jokowi”.

Denpasar (Metrobali.com)-

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar Rembuk Rakyat “Mencari Penerus Jokowi” sebagai upaya menjaring aspirasi dan pilihan publik mengenai sosok yang paling tepat menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memimpin Indonesia pada 2024 mendatang.

Sosok pilihan dalam Rembuk Rakyat ini adalah sembilan nama teratas hasil jajak pendapat oleh para kader PSI bersama tokoh masyarakat di seluruh Indonesia. Mereka diyakini mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih, dan politik keterbukaan. Seluruh rakyat berkesempatan mengikuti polling yang akan berakhir di awal November 2022 mendatang.

Sembilan nama yang disodorkan PSI yakni Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur), Erick Thohir (Menteri BUMN), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Mahfud MD (Menko Polhukam), Muhammad Andika Perkasa (Panglima TNI), Mochamad Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Muhammad Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri), Najwa Shihab (presenter, jurnalis), dan Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan).

“Jadi figur-figur ini yang dijaring dari aspirasi kader PSI di bawah dan pada akhirnya kita akan memilih dari nama-nama tersebut,” kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto belum lama ini.

Terkait sembilan nama tersebut, PSI juga membebaskan kader dan pengurusnya untuk mensosialisasikan calon unggulannya dari sembilan nama itu di masyarakat. “Yang pada akhirnya akan diputuskan secara bersama-sama siapa yang memiliki potensi kuat yang bisa kita dukung di Pemilu 2024,” ungkap Adi Susanto yang juga seorang advokat ini.

Sementara jika bicara Bali dan pandangan PSI Bali dari sembilan nama yang ada, Adi Susanto melihat bahwa Ganjar Pranowo yang menjadi kandidat yang kuat dan banyak yang diinginkan oleh masyarakat Bali.

“Kader kami turun ke bawah dan hampir sebagian besar menginginkan Ganjar Pranowo meneruskan kepemimpinan Jokowi. Masyarakat Bali lebih cenderung kepada Ganjar Pranowo,” ungkap politisi PSI asal Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem ini.

Adi Susanto juga mengungkapkan dari sembilan nama yang disodorkan dalam Rembuk Rakyat “Mencari Penerus Jokowi” ini, sosok Ganjar Pranowo memiliki gaya kepemimpinan yang sama seperti Jokowi yang humble atau sederhana, pekerja keras, punya pengalaman baik di legislatif dan di eksekutif.

“Jadi kami melihat sosok Ganjar Pranowo ini figurnya merakyat dan pemimpin yang tepat untuk menjadi penerus Presiden Jokowi,” pungkas Adi Susanto. (wid)