Foto: Ketua DPD PSI Kabupaten Buleleng, Komang Subrata Jaya.

Buleleng (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Buleleng siap mengikuti verifikasi partai politik (parpol) dan siap menghadapi Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Bahkan PSI Buleleng telah “bergerilya” menemui tokoh-tokoh yang dianggap potensial menjadi caleg dari PSI dan mampu ikut membawa partai ini merebut minimal empat kursi di DPRD Kabupaten Buleleng dan satu kursi DPRD Bali dapil Buleleng.

Ketua DPD PSI Kabupaten Buleleng, Komang Subrata Jaya mengungkapkan pihaknya sudah bergerilya melakukan pendekatan dan komunikasi dengan tokoh-tokoh di masing-masing kecamatan. Komunikasi juga dijalin dengan caleg-caleg yang maju pada Pileg 2019 yang belum berhasil terpilih sebagai anggota legislatif dan mereka didorong untuk bisa kembali tarung di Pileg 2024 lewat PSI.

“Kami jalin komunikasi dengan para caleg yang dulu gagal tapi suaranya besar, kemudian tokoh-tokoh adat, pensiunan camat juga ada, perbekel yang masih aktif dan akan berakhir jabatannya di 2023 juga ada. Jadi kami berusaha menjaring calon-calon yang punya power agar ke depannya bisa mendongkrak suara PSI,” tutur politisi PSI yang akrab disapa Bro Brata ini, Kamis (30/6/2022).

Dirinya mengaku pada Pileg 2019 lalu, raihan suara PSI memang belum optimal di Buleleng. Namun untuk Pileg 2024 pihaknya ingin mengubah peta politik yang ada dan menargetkan minimal merebut tiga hingga empat kursi DPRD Buleleng.

“Karena pada Pemilu 2019 kami di PSI Buleleng gagal merebut kursi legislatif jadi kami mau di Pileg 2024 ini bisa meraih target satu kursi DPRD Bali dan minimal tiga sampai empat kursi DPRD Buleleng. Kami tidak muluk-muluk, paling tidak bisa membentuk satu fraksi di DPRD Buleleng,” ungkap Brata Jaya.

Baca Juga :
Dua Janda LC Kafe Diciduk Petugas saat ambil Sabu

Komunikasi kepada tokoh-tokoh yang dibidik menjadi bakal caleg juga terus dijalin secara intensif dan mereka diyakinkan bahwa PSI merupakan pilihan yang tepat untuk mengabdi di politik dan merebut kursi legislatif di Pileg 2024 untuk mampu memperjuangkan kepentingan dan aspirasi masyarakat Buleleng.

Yang menjadi daya tarik tersendiri juga bergabung menjadi caleg PSI adalah partai yang identik sebagai partainya anak muda dan partai ramah perempuan ini tidak menarik mahar politik kepada bakal calegnya. Dalam perjuangan nanti merebut suara dan kursi legislatif di Pileg 2024, PSI juga mengedepankan kebersamaan dan gotong royong serta saling mengisi, tidak ada saling sikut di internal.

“Untuk semua bakal caleg, kami tegaskan dan sampaikan di PSI tidak ada mahar sama sekali untuk menjagi caleg PSI. Kita gotong royong dalam sosialisasi dan kampanye untuk menggolkan siapa nanti yang dapat suara terbanyak. Siapa yang dapat suara tersebar di internal PSI dan terpilih sebagai wakil rakyat, itulah yang kita dukung dan kawal. Yang jelas tanpa mahar dan tanpa dipotong gajinya kalau sudah terpiih di Dewan,” terang Brata Jaya.

Ia pun menegaskan PSI Buleleng sudah siap mengikuti verifikasi partai politik di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Buleleng karena sudah merampungkan segala macam persyaratan untuk verifikasi tersebut. Kesiapan DPD PSI Buleleng mengikuti verifikasi KPU juga sudah disampaikan kepada Ketua DPW PSI Bali Nengah Yasa Adi Susanto serta dibahas pula dalam Kopi Darat Wilayah (Kopdarwil) DPW PSI Bali dengan DPD PSI Kabupaten/Kota se-Bali serta pengurus DPC PSI se-Bali di Bali River Retreat, Tabanan pada Minggu 12 Juni 2022 lalu.

“Syarat kepengurusan, administrasi, kantor, rekening dan syarat lainnya sudah lengkap. Jadi kami sudah siap verifikasi dan sekarang tinggal persiapan pencalegan,” tegas Brata Jaya.

Baca Juga :
PIALA DUNIA 2018 : Kroasia tantang Rusia di delapan besar

Di sisi lain PSI Buleleng terus secara konsisten terus menunjukkan kerja nyata untuk rakyat, selalu hadir di tengah-tengah rakyat. Berbagai bentuk kepedulian dan program pro rakyat pun digulirkan partai yang identik dengan anak-anak muda dan punya cara serta sentuhan politik berbeda dibandingan partai politik (parpol) lainnya.

Di masa pandemi Covid-19, keberpihakan PSI makin terasa tatakala partai ini juga secara konsisten membantu meringakan beban masyarakat terdampak pandemi salah satunya melalui program Rice Box PSI dimana program ini membagikan makanan kepada warga.

Keberpihakan nyata PSI yang dirasakan langsung dampaknya di masyarakat alhasil berimbas juga terhadap semakin diterimanya partai ini di hati masyarakat Bali. Hal itu pula yang diyakini pengurus PSI di daerah yang optimis dengan tiada hari tanpa kerja untuk rakyat maka PSI akan meraih hasil lebih baik di Pileg 2024 bahkan bisa tembus memperoleh kursi DPR RI di Senayan Jakarta.

“Saat pandemi PSI terus bergerak, ada penilaian dari masyarakat bahwa PSI konsisten hadir untuk rakyat. Jadi kami optimis 2024 PSI bisa lolos parliamentary threshold (ambang batas parlemen) sehingga memperoleh kursi di DPR RI. Di daerah, di DPRD, PSI tentunya juga akan semakin kuat,” pungkas Brata Jaya. (wid)