Foto: Suasana Kunjungan Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Denpasar (Metrobali.com)-

Selasa (21/06/2022), bertempat di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar dilaksanakan pembukaan asesmen lapangan dalam rangka akreditasi Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana oleh Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

Tim Asesor yang hadir yakni Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.S(K) (Unand) dan dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D (UNS). Turut hadir dalam pembukaan asesmen yakni Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi mewakili Rektor Unud, Ketua LP3M, Kepala UPT Perpustakaan, Perwakilan USDI, Para Wakil Dekan FK Unud beserta Koorprodi dan unit terkait, serta undangan lainnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Perencanaan Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT(K) mewakili Dekan FK Unud dalam sambutannya menyampaikan kegiatan akreditasi di FK Unud cukup padat mengingat ada 33 Prodi, dimana 15 Prodi tahun ini Akreditasi dan hari ini ada dua yang mengikuti asesmen lapangan. Kami berusaha menyiapkan dengan sebaik-baiknya dan menyesuaikan dengan waktu dari asesor. Pihaknya berharap proses asesmen berjalan lancar, dimana sebelumnya telah dilakukan asesmen daring dan memperoleh hasil unggul.

Dari 15 Prodi yang dinilai rata-rata meraih hasil unggul dan yang membanggakan Prodi yang sebelumnya B meningkat menjadi unggul dan Prodi baru meraih predikat baik sekali. Wakil Dekan meyakini Tim Taskforce sudah melengkapi dokumen dengan sempurna, namun pihaknya sangat terbuka untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan asesor dalam rangka meningkatkan kualitas Prodi. Wakil Dekan memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan. Harapan pimpinan, Prodi yang meraih unggul kedepan diarahkan mengikuti akreditasi internasional.

Baca Juga :
Mayoritas Anggota DPR Demokrat Desak Dimulainya Proses Makzulkan Trump

Sementara Wakil Rektor Prof. I Putu Gede Adiatmika dalam kesempatan tersebut menyampaikan informasi sekilas mengenai Unud dan rencana pengembangan kedepan. Lebih lanjut Wakil Rektor menyampaikan akreditasi sangat penting untuk menjaga mutu proses pendidikan dan layanan akademik yang diberikan kepada civitas akademika. Harapan pimpinan universitas dari yang B agar berbenah untuk meraih predikat unggul dengan menjaga mutu secara berkelanjutan. Unit-unit terkait telah ditugaskan untuk memantau dan bergerak ke internasionalisasi dan dalam rangka mendukung Unud menuju PTN BH.

Dari hasil audiensi dengan Kementerian, gayung bersambut dan Unud sudah masuk sistem Dikti. Hal lain yang menggembirakan yakni Unud masuk dalam 27 Universitas dengan predikat akreditasi unggul. Untuk itu, Universitas siap mendukung apapun yang menjadi tujuan pengembangan Prodi. Temuan dan masukan Asesor sangat diharapkan untuk mengembangkan Prodi menjadi Prodi yang unggul sepenuhnya. Wakil Rektor berharap semoga semuanya berjalan sukses sesuai harapan.

Perwakilan Tim Asesor dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D menyampaikan informasi bahwa telah ada pertemuan LAM-PTKes dan akreditasi LAM-PTKes akan diakui sebagai akreditasi internasional dan di IKU jika terakreditasi unggul dengan 9 standar. Lebih lanjut perwakilan Asesor menyampaikan rundown kegiatan yang akan dilakukan dan kode etik asesor. Dalam asesmen ini juga akan dilakukan wawancara dan mengeksplorasi kekurangan data yang ditulis dalam borang. Pihaknya berharap dilancarkan dalam proses akreditasi ini dan kerjasama yang baik sehingga  bisa mencapai hasil maksimal. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita4614-Prodi-Doktor-Ilmu-Kedokteran-Fakultas-Kedokteran-Unud-Dikunjungi-Tim-Asesor-LAM-PTKes.html