Foto: Kabag Persidangan dan Fasilitasi Fungsi DPRD Sekretariat DPRD Bali I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama dan Kabag Umum dan Humas DPRD Provinsi NTB  Baiq Zuhar Farhi bertukar cenderamata dalam Press Tour Sekretariat DPRD Provinsi Bali dan rombongan wartawan dari Bali ke DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (27/11/2020).

Mataram (Metrobali.com)-

Media massa mempunyai sifat peran yang strategis sebagai mitra kerja lembaga legislatif dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah pada masa pandemi Covid-19 yang penuh tantangan.

Karenanya sinergitas media massa dan lembaga legislatif perlu terus ditingkatkan untuk bersama-sama memberikan dukungan dan energi positif kepada pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19 dan utamanya juga menggeliatkan serta membangkitkan perekonomian.

Demikian terungkap dalam Press Tour Sekretariat DPRD Provinsi Bali dan rombongan wartawan yang bertugas di DPRD Provinsi Bali ke DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (27/11/2020).

Rombongan Press Tour Humas DPRD Bali dan Wartawan dipimpin Kabag Persidangan dan Fasilitasi Fungsi DPRD Sekretariat DPRD Bali I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama didampingi Kasubab Tata Kepegawaian, Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Bali Kadek Putra Suantara, Ketua Forum Wartawan DPRD Bali (Forward) Komang Suparta serta diikuti para wartawan media cetak, televisi, radio dan media online yang bertugas di DPRD Bali.

Kehadiran rombongan diterima Kabag Umum dan Humas DPRD Provinsi NTB  Baiq Zuhar Farhi didampingi Kasubag Humas Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB Lalu Juan Hilary.

Press Tour dengan Topik ‘’Peran Strategis Media sebagai Mitra Kerja Lembaga Legislatif dalam Mengoptimalkan Pembangunan di Daerah di Masa Pandemi Covid-19″ ini bertujuan menjaga sinergitas hubungan Humas DPRD Provinsi Bali dengan unsur media.

Baca Juga :
Demonstran Dukung MK Buat Keputusan Seadil Mungkin

Selain itu kegiatan yang tetep mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini juga sebagai upaya mendapatkan masukan, pengalaman positif terkait peran media sebagai mitra kerja legislatif dalam melaksanakan fungsi pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan di daerah pada masa pandemi Covid-19.

“Ini juga tujuannya silaturahmi dengan teman-teman Humas DPRD NTB dan bagaimana kita bersama-sama meningkatkan perekonomian,” Kabag Persidangan dan Fasilitasi Fungsi DPRD Sekretariat DPRD Bali I Gusti Agung Nyoman Alit Wikrama.

Dikatakan melalui Press Tour ini pihakmya ingin menggali bertukar informasi mengenai progam-program kegiatan kehumasan, strategi merangkul dan menjalin kerjasama yang baik dengan media massa di era digitalisasi sehingga dapat bersinergi dalam menyampaikan program pemerintah dan pelaksanaan tugas fungsi DPRD. Termasuk bagaimana mendorong sejauh mana masyarakat berperan aktif dalam penyampaian informasi positif di tengah pandemi Covid-19.

“Kami juga mengundang Sekretariat DPRD NTB agar bisa Press Tour ke Bali sebagai bagian juga mendukung pemulihan ekonomi khususnya pariwisata Bali,” kata Agung Wikrama.

Sementara itu Kabag Umum dan Humas DPRD Provinsi NTB  Baiq Zuhar Farhi didampingi Kasubag Humas Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB Lalu Juan Hilary menyambut baik press Tour Sekretariat DPRD Bali bersama wartawan atau jurnalis dari Bali ini.

Sebab Press Tour DPRD Bali bersama insan pers dari Pulau Dewata ini juga dianggap mampu ikut menggeliatkan pariwisata NTB dari sisi wisatawan domestik.

“Memang inti kegiatannya kita bisa bertukar informasi, pengalaman menjalin sinergi dengan media massa. Tanpa media kita tidak bisa jadi apa-apa. Peran media sangat besar. Jadi mari kita bekerja sama, bersinergi saling membantu menjalankan tugas masing-masing,” papar Baiq Zuhar Farhi.

Dia pun memaparkan sejumlah agenda DPRD NTB saat ini. Salahnya akan segera mengesahkan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Inisiatif DPRD NTB.

Baca Juga :
Korban pembunuhan Pulomas dimakamkan di TPU Tanah Kusir

Dari 6 Ranperda Inisiatif DPRD NTB yang sedang dibahas, akhir bulan November ini akan ada 3 Ranperda diparipurnakan untuk ditetapkan. “Sejauh ini Lebih banyak Perda Inisiatif Dewan daripada dari Pemerintah. Jadi Dewan yang lebih banyak proaktif dalam pengajuan Ranperda,” ungkap Baiq Zuhar Farhi.

Dalam hal penanganan pandemi Covid-19, Baiq Zuhar Farhi juga mengungkapkan berbagai kebijakan dan dukungan yang diberikan DPRD NTB kepada Pemerintah Provinsi NTB. Salah satunya melalui surat edaran yang intinya mendukung penggunaan produk lokal UMKM.

Misalnya dalam hal penggunaan masker untuk pencegahan Covid-19. Masker yang dibagikan  ke masyarakat wajib hasil UMKM lokal NTB.

Begitu pula program Jaring Pengaman Sosial (JPS) yang dibagikan harus produk UMKM lokal. “Misalnya dalam paket bantuan JPS ada berisi  ikan asin, kue kering, minyak kayu putih yang semuanya harus produk UMKM lokal,” tutur Baiq Zuhar Farhi.

Dikatakan dengan dukungan kebijakan pro UMKM lokal ini maka perekonomian NTN bisa bergerak dari dalam dengan dukungan semua bekerja sama juga dengan dinas teknis seperti Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan NTB. “UMKM tidak merasa terpuruk karena ada berbagai kebijakan yang dukung UMKM,” pungkas Baiq Zuhar Farhi.

Terkait kerjasama dengan media massa dan program Press Tour, Kasubag Humas Protokol dan Perjalanan DPRD Provinsi NTB Lalu Juan Hilary mengungkapkan pihaknya menerima media yang sudah lengkap persyaratan administrasi. “Yang tidak lengkap tereliminasi sendirinya dengan waktu dan syarat,” katanya.

“Kalau untuk Press Tour kami hanya sekali setahun dan berlangsung selama empat hari. Terakhir Oktober 2020 ini Press Tour ke Yogyakarta dan Magelang dengan topik Desa Wisata. Dari sana dan masukan teman-teman media akhirnya ada usulan Ranperda Desa Wisata,” ungkap Lalu Juan Hilary.

Baca Juga :
Jenazah bocah tewas di Global Prima Medan tiba di rumah duka

Selain itu terungkap pula kegiatan Press Tour Sekretariat DPRD NTB dan wartawan pernah menjadi temuan instansi pemeriksa namun setelah ada perbaikan bisa tetap dijalankan setahun sekali.

Jika kegiatan Press Tour Sekretariat DPRD NTB dan wartawan hanya sekali, bisa dikatakan kegiatan Press Tour Sekretariat DPRD Bali dan wartawan yang dilakukan tiga kali setahun sudah lebih baik walau memang masih kalah dari sisi durasi waktu. Karenanya hal ini menjadi masukan untuk penyempurnaan kegiatan ke depannya termasuk mengenai penajaman  topik.

Terkait beberapa hal tersebut Kasubab Tata Kepegawaian, Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Bali Kadek Putra Suantara menjelaskan selama ini program Press Tour Sekretariat DPRD Bali dan wartawan tidak pernah menjadi temuan sebab sudah jelas dasar hukumnya.

“Tidak ada temuan karena ada dasar hukumnya yakni Pergub Perjalanan Dinas. Apalagi kegiatan ini penting meningkatkan sinergitas dengan media. Sebab keberadaan media sangat membantu dalam menyebarluaskan informasi,” pungkas Kadek Putra Suantara.

Rangkaian Press Tour Sekretariat DPRD Bali dan wartawan yang bertugas bdi DPRD Bali ini berlangsung selama tiga hari, 26-28 November 2020. (wid)