Denpasar (Metrobali.com)-

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Nanan Sukarna melakukan kunjungan kerja di Polda Bali, Kamis 10 Mei 2012. Dalam kunjungan tersebut, Nanan meninjau simulasi Beach Guard Police (BGP) dalam rangka pengamanan pariwisata yang digelar di halaman dalam Mapolda Bali oleh ratusan personil dari Polda Bali.

Dalam simulasi tersebut digelar pengamanan bagi para wisatawan mulai dari penyelamatan wisatawan yang terancam tenggelam hingga melakukan pertolongan pertama. Selain itu, Wakapolri juga melihat langsung pembukaan warung aman yang operasionalnya langsung oleh anggota Polri dan berlokasi di beberapa lokasi pariwisata.
Dir Pam Pariwisata Polda Bali Komisaris Besar Adhi S Putra menegaskan, saat ini sudah didirikan beberapa pos BGP di beberapa pusat wisata di kawasan Kuta. “Tujuannya adalah untuk melakukan pengamanan dan menjaga kenyaman bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terhadap para wisatawan baik di darat maupun di laut,” ujarAdhi.

Untuk seluruh Bali anggota Polri yang terlibat dalam BGP sebanyak 88 orang yang tersebar di beberapa pusat pariwisata. Selain kelengkapan personil, BGP juga dilengkapi dengan beberapa peralatan seperti motor ATV, mobil ambulance gerak cepat, perahu karet dan sebagainya.
Selain BGP, Polres Badung juga membuka “warung aman” sebagai aplikasi dari kearifan lokal Bali untuk keamanan dan kenyamanan Bali. Kapolres Badung Ajun Komisaris Besar Polisi Beny Arjanto mengatakan, saat ini sudah ada di 8 warung aman. Jumlah tersebut sudah tersebar di beberapa titik pusat kawasan wisata di wilayah Kuta Selatan seperti Kuta, Legian, Seminyak.

“Pendirian warung aman ini bertujuan untuk menerima pengaduan masyarakat. Jadi aktifitas sebagaimana layaknya sebuah warung tetap ada misalnya orang makan, minum dan sebagainya, tetapi pada saat yang sama polisi yang bertugas bisa menerima pengaduan masyarakat sehingga bisa lebih cepat, akurat, dan langsung ditindaklanjuti,” papar Beny. BOB-MB

Baca Juga :
Basarnas Bantah Penemuan Badan Pesawat Air Asia