Klungkung ( Metrobali.com )
Persoalan kemiskinan di Klungkung tidak hanya menjadi perhatian pemkab Klungkung saja. Jajaran Polres Klungkung pun ikut berperan. Salah satunya adalah dengan menerjunkan personilnya untuk membantu membagun rumah warga tidak mampu. Senin (20/11) nampak satu pleton Satuan Sabara Polres Klungkung bersama dengan anggota Polsek Dawan membantu pembagunan rumah warga tidak mampu asal Desa Sampalan Kelod, Dawan. Rumah tersebut adalah milik pasangan suami istri I Nym Sudana 50 dan Ni Nym Dastri 45.

Pembagunan rumah tersebut sudah dimulai Minggu (18/11) lalu pukul 06.00 wita dan dilanjutkan Senin (19/11) mulai pukul 06.30 wita. Pembagunan tersebut berakhir pukul 12.00 wita. Pembagunan rumah tersebut dipimpin langsung Kasat Sabara Polres Klungkung AKP I Nyoman Suarsika sementara dari pihak Polsek Dawan dipinpin langsung Kapolsek Dawan AKP IB Jata.

Rumah dengan ukuran enam kali empat tersebut dibagun diatas tanah tegalan milik kakak kandung pasutri tersebut. Sebelumnya pasutri yang dikaruniai empat anak tersebut tidak memiliki rumah dan tinggal menumpang di rumah sepupuynya. Selain tidak mampu anak pertama pasutri tersebut juga dalam kondisi lumpuh. Dan yang bersangkutan sekarang ini sedang dalam perawatan yang dibantu oleh sebuah Yayasan yakni Yayasan Sai Studi Grup yang beralamat di jalan Kemuda III Denpasar. Sementara anak nomor dua telah meninggal dunia sementara anak nomor tiga dan empat masing masing duduk di bangku SD kelas lima dan dua di SD Sampalan Kelod.

Bantuan tenaga pembagunan rumah yang dilakukan Polres Klungkung tersebut mulai dari menggali tanah untuk pondasi rumah, mengangkat bahan bagunan berupa tiang beton, mengangkat pasir, mengambil air, mengambil batako. Sebagian pertugas Polisi nampak juga sedang membuat luluh untuk tembok rumah.

Baca Juga :
Puluhan tahun tunggu listrik nyala, Warga Br. Bhuana Sari kini terang benderang 

Selain itu personil Polisi tersebut juga ikut mengangkut semen. Karena semua material tersebut ditaruh di pinggir jalan dengan jarak sekitar 300 meter dari rumahnya. Jalan ke rumah pasutri tersebut juga masih jalan setepak dan berliku sehingga cukup memakan waktu. Kegiatan pembagunan rumah ini disumbang oleh Yayasan Sai Study Grup yang memberikan bantuan bahan bahan.

Kegiatan ini juga sempat dipantau Perbekel Sampalan Kelod Ni Kadek Suryani. Sebelumnya Kapolres Klungkung AKBP Dra. Ni Wayan Sri, Y. W, SIK sempat mengunjugi keluarga ini (17/11) lalu. Saat itu Kapolres wanita satu satunya di Bali tersebut sempat memberikan bantuan berupa sembako kepada pasutri tersebut.

Semenntara ditemui di lokasi dimana anggota Polres Klungkung sedang melanjutkan pembangunan, Perbekel Sampalan Kelod Ni Kadek Suryani mengatakan lokasi yang sekarang di bangun rumah untuk I Nym Sudana adalah tanah milik keluarganya dimana kita sempat bicarakan untuk bisa diberikan sebagian lahan yang jumlahnya ada 7 are, akhirnya dari pihak keluarga Sudana mendapatkan bagiannya, untuk didirikan rumah,ujar Suryani. Sebelumnya keluarga tersebut menempati tanah milik orang lain dan rumah yang ada tidak layak huni yang mana ukuran rumah yang dditempati sebelumnya 2×3 meter yang menampung keluarganya sebanyak 4 orang, imbuh Suryani.

Terkait anaknya yang lumpuh kondisinya cukup baik, saya dengar anak tersebut dirawat oleh yayasan yang berada di Mengwi, Badung. Anak tersebut sangat betah di sana dan dia sudah dapat korsi roda, imbuhnya. SUS-MB