Foto: Hasil sementara polling Pilgub Bali 2024 di Website Kabar Bali Satu (KBS).

Denpasar (Metrobali.com)-

Nama Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M. (Koster Bali Satu-KBS) masih tak terkalahkan sebagai Calon Gubernur Bali untuk Pilgub Bali 2024. Gubenur brilian dan visioner ini masih bertengger di posisi teratas dengan mendapatkan dukungan dan pilihan tertinggi dalam dalam polling Pilgub Bali 2024 yang dimuat oleh situs Kabar Bali Satu (kabarbalisatu.com).

Yang cukup menarik, tokoh independen yang merupakan Anggota DPD RI dari Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III, S.E.,M.Thru.,M.Si. (AWK) juga terus mengejar bahkan AWK melewati raihan polling untuk kader senior Golkar dan juga Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, S.E.,M.AP (GSL-Demer).

Senator AWK juga menempel ketat perolehan dukungan polling untuk tokoh independen lainnya yakni Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn. (AMD). Sementara dukungan untuk tokoh milenial AMD juga terus mengalir deras dan menempel ketat nama-nama kandidat dari PDI Perjuangan.

Dimana ada lima nama kader partai berlambang banteng bermoncong putih itu yang masuk jajaran lima besar poling dan perolehan dukungannya saling bersaing ketat satu dengan lainnya. Itu menandakan persaingan di internal PDI Perjuangan cukup panas dan dukungan dari pendukung PDI Perjuangan juga terbelah ke lima nama kader terbaik partai pimpinan Megawati Soekarno Putri ini.

Dalam polling Pilgub Bali 2024 yang dimuat oleh situs Kabar Bali Satu (kabarbalisatu.com) ada 11 nama tokoh yang masuk dalam polling dan bersaing mendapatkan dukungan publik. Pada hasil polling tertanggal 15 Juni 2022, di posisi puncak Koster meraih suara 26.578 suara atau setara 14,52 %.

Baca Juga :
Kelurahan Sesetan Sosialisasi Kewaspadaan Pelecehan Seksual

Ketua DPD PDI Perjuangan Bali ini ditempel ketat saingan terberatnya di internal PDI Perjuangan yakni Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos., di posisi kedua dengan total dukungan 22.843 suara (12,48 %). Publik tampaknya melihat sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Badung yang dikenal juga sebagai “Bupati Bares Rasa Gubernur” ini merupakan pilihan terbaik untuk memimpin Bali selain Koster yang memang posisinya bisa saja terancam digantikan oleh Giri Prasta.

Untuk posisi ketiga hingga kelima masih didominasi oleh kader-kader PDI Perjuangan yakni Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E. (Jaya Negara) di urutan ketiga dengan 20.439 suara (11,17 %), Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali 5 periode Drs. I Made Urip, M.Si. (Urip) masih bertahan di posisi keempat dengan 19.656 suara (10,74%) dan ditempel ketat oleh perolahan suara dukungan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra, SST.Par., M.A.P. (Agus Mahayastra) dengan 19.704 suara (10,42 %).

Selanjutnya di posisinya keenam ada nama tokoh independen (non kader partai politik) asal Puri Tegal Denpasar Pemecutan yakni Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn. (AMD) yang mendapatkan suara pilihan dalam poling ini sebanyak 19.037 suara (10,40 %) yang tampak menempel ketat Agus Mahayatra dan calon-calon dari PDI Perjuangan lainnya.

AMD ditempel ketat oleh perolahan suara tokoh independen yang juga Anggota DPD RI dari Bali Dr. Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III, S.E.,M.Thru.,M.Si. (AWK) di posisi ketujuh dengan suara 12.897 (7,05 %). Perolehan suara dukungan untuk AWK cukup naik drastis bahkan menyalip raihan dukungan untuk Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih, S.E.,M.AP (GSL-Demer) yang turun ke peringkat delapan dengan 12.176 suara (6,65 %).

Baca Juga :
Sandiaga Uno siapkan 3 gagasan pariwisata Indonesia

Selanjutnya untuk posisi nomor sembilan ada nama Mantan Walikota Denpasar dua periode Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si. (Rai Mantra) dengan dukungan 11.876 suara (6,49 %). Lalu Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) Gede Pasek Suardika, S.H., M.H. (GPS) yang juga mantan Anggota DPR RI dan mantan Anggota DPD RI dengan suara 9.761 (5,33 %) di peringkat 10. Di urutan terakhir ada nama Anggota Komisi II DPR RI Fraksi Golkar Dapil Bali Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, S.H.,M.H.,M.Kn. (Gus Adhi) dengan raihan suara 8.674 suara (4,74 %).

Polling dari Kabar Bali Satu ini masih terus berlangsung dan masyarakat Bali bisa memberikan pilihannya dengan mengklik nama tokoh calon gubernur jagoannya dan pilih vote pada link https://kabarbalisatu.com/polling/. (ana)