arus mudik

Negara (Metrobali.com)-

Kepolisian Resor Jembrana, Bali, menyiapkan jalur khusus pemudik Lebaran yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memperpendek antrean di Pelabuhan Gilimanuk.

“Kami siapkan empat gang di perkampungan Kelurahan Gilimanuk sebagai jalur kendaraan pribadi. Empat gang tersebut mengarah ke parkir manuver pelabuhan,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana Ajun Komisaris Gede Sumadra Kerthiawan seusai mengecek kesiapan jalur pemudik di Pelabuhan Gilimanuk, Jumat (19/6).

Menurut dia, kendaraan pribadi roda empat diarahkan melalui empat gang tersebut untuk menghilangkan antrean panjang.

Pola pengaturan kendaraan tidak berbeda jauh dengan musim mudik Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Dari Pos Gelung Kori Gilimanuk, mobil pribadi diarahkan masuk gang.

“Kalau tidak dipecah seperti itu, berbagai jenis kendaraan akan jadi satu di jalan raya utama Denpasar-Gilimanuk sehingga menyebabkan kemacetan, baik dari timur maupun barat,” ujarnya.

Pihaknya memprediksi jumlah kendaraan saat arus mudik kali ini akan meningkat dari tahun sebelumnya yang puncaknya akan terjadi pada H-7 hingga H-1 Lebaran.

Pada Lebaran tahun lalu, jumlah kendaraan roda dua saat musim mudik mencapai 90.075 unit, sedangkan mobil sebanyak 38.455 unit.

“Kami prediksi meningkat karena tahun ini bersamaan dengan libur kenaikan kelas dan di Bali ada Hari Raya Galungan yang berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Dengan libur yang relatif panjang ini, banyak yang akan pulang kampung,” katanya.

Kerthiawan menambahkan bahwa pola pemecahan kendaraan terbukti efektif untuk memangkas antrean di jalan raya utama.

Dari pengecekan keseluruhan, dia mengungkapkan bahwa di beberapa wilayah masih ditemukan kondisi jalan raya yang rusak, bergelombang, dan minimnya lampu penerangan jalan. AN-MB 

Baca Juga :
Satgas Covid-19 Berhutang 400 Juta di Jembrana