angkutan-umum-yg-ada-di-Jakarta

Negara(Metrobali.com)-

Jajaran Kepolisian Resor Jembrana, Bali, bersama Dinas Perhubungan setempat memeriksa semua kendaraan umum sebagai bentuk persiapan menjelang musim mudik Lebaran.

“Kami mengecek bus, untuk memastikan kondisinya bagus sebagai transportasi penumpang mudik. Sementara Dishub mengecek tonase truk yang melintas wilayah ini,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jembrana, Ajun Komisaris Gede Samudra, Senin (23/6).

Selain surat-surat kelengkapan kendaraan, dalam pemeriksaan di Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk itu polisi juga memeriksa lampu, rem, ban, dan komponen vital lainnya.

Khusus untuk truk, petugas dari Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kabupaten Jembrana di bawah kepemimpinan Kepala Bidang LLAJ Leo Agus Jaya juga menimbang truk untuk mengetahui tonasenya.

“Truk yang muatannya melebihi kapasitasnya bisa menyebabkan kerusakan jalan, kemacetan, hingga kecelakaan. Kami minta sopir tidak melakukan hal tersebut,” kata Leo.

Dari pemeriksaan bus dan truk, petugas tidak menemukan pelanggaran berat, meskipun beberapa truk saat ditimbang kelebihan muatan.

Samudra menilai hal itu wajar karena kekuatan jalan di Jawa dengan Bali berbeda, sedangkan truk tersebut membawa muatan dari Jawa.

Ia menyebutkan bahwa jalan raya di Jawa rata-rata bisa dilalui truk dengan berat 12 ton, sedangkan di Bali hanya 10 ton.

“Truk-truk tersebut tentu menyesuaikan dengan kondisi jalan di Jawa sehingga saat masuk ke sini masih bisa ditoleransi,” ujarnya. AN-MB 

Baca Juga :
Hanya Bangun Listrik di Jawa dan Bali : Bapennas Nilai PLN Tidak Adil