Denpasar (Metrobali.com)-

Kepolisian Resor Kota Denpasar meminta sejumlah organisasi kemasyarakatan untuk turut menjaga keamanan lingkungan menjelang Pemilihan Umum.

“Mereka harus ikut menjaga keamanan dan ketertiban khususnya di Denpasar sesuai dengan kesepakatan yang sebelumnya telah ditandatangani,” kata Kepala Polresta Denpasar, Komisaris Besar Djoko Hariutomo, Jumat (17/1).

Dia mengharapkan organisasi kemasyarakat itu mematuhi kesepakatan yang telah disetujui oleh sejumlah ormas di Denpasar dan tidak melanggar hukum.

“Kesepakatannya sudah ada. Kalau melanggar ada proses hukumnya. Kesepakatan itu bukan semata lembaran hitam di atas putih,” ucapnya.

Petinggi ormas juga diminta untuk memberikan pemahaman kepada para anggotanya agar komitmen untuk ikut menjaga keamanan benar-benar terwujud.

Polisi tidak ingin apabila saat pesta demokrasi mendatang, ada pihak tertentu yang memanfaatkan ormas atau oknum ormas yang tak berkomitmen menjaga keamanan.

“Beberapa waktu lalu sejumlah ormas memusnahkan senjata itu tujuannya agar nantinya saat parpol melakukan kegiatan Pemilu, tidak dimanfaatkan,” ucapnya.

Pada akhir Desember 2013, sejumlah organisasi masyarakat di Denpasar menyerahkan ratusan senjata tajam untuk dimusnahkan dengan cara dipotong.

Pemusnahan senjata tajam secara sukarela itu mendapat apresiasi dari sejumlah pihak termasuk pihak kepolisian dan pemerintah daerah.

Selama ini sejumlah oknum yang mengatasnamakan ormas terlibat dalma aksi kerusuhan massa yang sebagian besar dilatarbelakangi oleh masalah pribadi.AN-MB

Baca Juga :
PKB dan Pecalang (Premanisme) Desa Pekraman