Klungkung ( Metrobali.com )-

Pol air kini punya identitas baru. Ini menyusul telegram Kapolri nomor ST/1829/IX/2013 tanggal 17 September 2013 tentang pelaksanaan upacara penyematan baret baru Polisi Perairan. Di Polres Klungkung upacara penyemetan baret dilakukan secara simbolik oleh Kapolres Klungkung AKBP Ni Wayan Sri Yudatni Wirawati, Sik di halaman Mapolres Klungkung  Senin ( 4/11 ).

Menurut Sri polisi perairan sekarang ini mempergunakan Baret warna Biru Benhur. Dengan ciri khas ini diharapkan masyarakat lebih mudah mengenal satuan ini. Selama ini ol Perairan mempergunakan baret abu abu yang juga digunakan intansi lain sehingga menimbulkan kerancuan.

“ Dengan identitas baru akan lebih mudah mengenali…dengan dikenal masyarakat juga lebih disayang,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan identitas baru membuat satuan ini lebih sigap dalam menjalankan tugas tugasnya sesuai dengan tupoksinya. Juga diharapkan dengan penampilan baru, korp ini lebih prcaya diri, jujur dan bertanggung jawab.

Warna biru benhur sendiri menurut Sri adalah lambing air laut yang juga melambangkan ketenangan dan penuh tanggung jawab. Sementara itu diakui Kapolres wilayah perairan Kabupatan Klungkung cukup luas sampai ke Nusa Penida. Selaan itu kawasan ini juga ada disisi selatan yang merupakan kawasan pesisir. Dan juga rentan berbagai kejahatan termasuk pencurian ikan dan yang lanya. Dengan adanya polisi perairan diharapkan bisa menciptakan rasa aman di kawasan prairan Klungkung.

Salah satu keluhan adalah adanya penangkapan ikan mempergunakan bahan peledak. Kondisi ini sangat merugikan nelayan lokal dan juga merusak lingkungan.

Selaian itu kawasan perairan Nusa Penida juga rawan penyelundupan dan masuknya pelaku tindak kirminal melalui jalur tikus yakni pelabuhan pelabuhan tradisional. SUS-MB

Baca Juga :
Jangan Percaya Isu Pos Pengamatan Gunung Agung akan Dipindah