Klungkung, (Metrobali.com)

Bupati Klungkung, I Nyoman suwirta membuka Lomba Masak Ikan dengan Kompor Induksi atau kompor listrik di Balai Budaya I Dewa Agung Istri Kanya, Minggu (11/9). Lomba ini diselenggarakan dalam rangka hari Pelanggan Nasional Tahun 2022 mengambil tema “Melalui Lomba Masak Ikan Kita Tingkatkan Gemar Makan Ikan Untuk Pencegahan Stunting”. Turut hadir Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, Ketua WHDI, Ny. Sri Kasta dan Oragnisasi Wanita se-Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta dalam sambutannya mungucapkan terimkasih ke pada PLN sudah berkolaborasi terselenggaranya lomba ini. Lebih lanjut dijelaskan ada hal penting yang didapat dari lomba memask ikan ini, yakni penggunaan kompor induksi atau kompor listrik bisa menekan penggunaan gas LPJ. Yang kedua yakni makanan ikan, dimana makan ikan cocok untuk mencegah stunting, gerakan makan ikan ini harus disosialisasikan dan digemakan agar kita semua lebih suka makan ikan untuk mencegah stunting. Yang ketiga pemanfaatan garam kusamba juga mencegah stunting karena mengandung yodium dan pemaanfaatan produk lokal. “Lomba masak ini juga sebagai ajang edukasi gemar makan ikan Konsumsi ikan sebanyak-banyaknya. Ayo konsumsi ikan, murah, meriah dan bergizi,” ajak Bupati Suwirta

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Klungkung, Ny. Ayu Suwirta, mengatakan Lomba Masak Ikan dalam rangka hari Pelanggan Nasional Tahun 2022 mengambil tema Melalui Lomba Masak Ikan Kita Tingkatkan Gemar Makan Ikan Untuk Pencegahan Stunting. “ada 13 perserta yang mengikuti lomba dari PKK Kabupaten Klungkung dan Organikasi Wanita se-Kabupaten Klungkung dengan tiga jenis masakan yakni untuk anak, ibu hamil dan untuk bapak,” ujar istri orang nomor satu di klungkung ini.

Baca Juga :
Gol dramatis antar PSG juarai Piala Prancis

Lebih lanjut, Ny. Ayu Suwirta menjelaskan, lomba masak ikan dilai oleh juri yang profesional yakni Ida Bagus Gde Desimarta, (Ketua ICA Kab. Klungkung) – Ida Bagus Made Parwata (Penasehat ICA Bali) – Ni Wayan Dormayanti, S.Tr.Gz (PERSAGI Klungkung).

Sementara, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN, Martinadar Jalu Respati menjelaskan, Kompor induksi adalah kompor canggih memasak tanpa nyala api. “Cukup memijat tombol, meletakkan alat masak, maka kita sudah bisa memasak dengan mudah dan praktis. Bentuknya juga sangat unik dan cantik, berbeda jauh dengan bentuk kompor gas pada umumnya,” jelas Martindar Jalu Respati

Pihaknya juga menambahkan, memasak menggunakan kompor induksi akan lebih efisien, karena panas yang dihantarkan lebih cepat dan merata dan tidak perlu repot-repot membongkar pasang tabung gas. “Yang paling menarik dari kompor induksi yaitu suhu panasnya yang bisa diatur sesuai selera, tidak seperti pada kompor gas yang suhunya hanya bisa dikira-kira sesuai besar api,” imbuhnya. (HUMASKLK/YANDE)