Mangupura (Metrobali.com)-

Dalam upaya mencapai tujuan pembangunan yang telah dicanangkan, Pemerintah Kabupaten Badung telah bersinergi dengan berbagai komponen masyarakat, salah satunya dengan Tim Penggerak (TP) PKK mulai dari tingkat kabupaten hingga desa/kelurahan dan banjar. Selama ini TP PKK Badung bersama organisasi lainnya dan pemerintah saling bahu membahu dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Badung. Demikian sambutan Bupati Badung yang dibacakan Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta dalam Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Bali Tahun 2013 di Wantilan Dirgalaba Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Senin (28/1).

Hadir pula Ketua TP PKK Prov. Bali Nyonya Ayu Pastika yang juga selaku Ketua Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Prov. Bali beserta anggota tim, Anggota DPRD Prov. Bali Dapil Kuta Selatan Wayan Diesel Astawa, Ketua DPRD Badung yang diwakili Wakil Ketua DPRD Kab. Badung I Ketut Suiasa beserta anggota DPRD Kab. Badung dapil Kuta Selatan, SKPD terkait di Pemerintahan Kabupaten Badung, Ketua TP PKK Kabupaten Badung Nyonya Ratna Gde Agung, Ketua WHDI Nyonya Sudikerta, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Badung Nyonya Kompyang R Swandika serta tokoh dan masyarakat Desa Ungasan.

Sudikerta mengungkapkan, TP PKK Desa Ungasan telah menunjukkan peranannya secara optimal dalam mengelola lingkungan dan mengembangkan potensi ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Ungasan seperti mengembangkan pengolahan budidaya jamur tiram dan jamur putih dalam 10 jenis pengolahan sehingga terpilih mewakili Kabupaten Badung ke tingkat Provinsi.

Ketua TP PKK Desa Ungasan Ni Nyoman Widiani melaporkan, tema dalam penilaian kali ini adalah Melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Kita Perkuat Kelompok Dasa Wisma dan posyandu dalam Pencapaian Target Millennium Development Goals. Sementara kegiatan yang dilaksanakan adalah mengoptimalkan program-program PKK di Desa Ungasan dalam 1 tahun melalui kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan yang diprogramkan mulai bulan September sampai Desember 2012 dibidang kesehatan, keluarga berencana dan pemberdayaan kesehteraan keluarga.

Baca Juga :
Iwan Piliang: Djoko Tjandra Sering ke Bali

Sementara itu Ketua Tim Penilai Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Prov. Bali sekaligus Ketua TP PKK Prov. Bali Nyonya Ayu Pastika mengungkapkan, tujuan dari lomba ini untuk memacu kinerja dan menggairahkan kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan dilapangan. Adapun penilaiannya meliputi 4 jenis kategori yakni pelaksanaan terbaik Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, posyandu, prilaku hidup bersih dan sehat di rumah tangga serta lingkungan bersih dan sehat.

Lebih lanjut Ny. Ayu Pastika menyampaikan dalam Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2013 juga dilaksanakan 5 jenis lomba yakni tertib administrasi PKK, Pencegahan KDRT, Kelompok UP2K PKK, pemanfaatan halaman pekarangan serta pemanfaatan hasil TOGA. GAB-MB