Bangli (Metrobali.com)-

Untuk menggali potensi makanan jajanan khas Bangli, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangli menggelar Lomba Cipta Menu Kudapan. Acara yang digelar di Sasana Budaya Giri Kusuma Bangli, dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, Asisten I Setda Kab bangli Drs. I Wayan Lawe, Ketua TP PKK Kab Bangli Ny. Erik Gianyar, Ketua GOW Kab Bangli Ny. Sariasih Sedana Arta dan pimpinan SKPD terkait.

Ketua TP PKK Kab Bangli Erik Gianyar yang juga ketua panitia penyelenggara mengatakan, disamping untuk memeriahkan peringatan HUT Kota Bangli ke-809 Lomba Cipta Menu ini diadakan untuk menggali potensi makanan jajanan khas Kabupaten Bangli. Dimana Lomba kuliner ini diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari perwakilan SKPD Kabupaten Bangli, BUMN/D dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Lomba Kuliner ini juga menghadirkan tiga juri yakni Ida Bagus Wisnawa, Wayan Sadu dan Dewa Dharma Mastika dari Kampus Mediterranean Bali.

Dijelaskan juga, konsep lomba kuliner jajanan adalah menggunakan bahan dasar non beras, seperti buah labu, strobery, ketela, apel, kentang, ketela unggu, jagung dan sumangka yang nantinya akan diolah menjadi aneka jajanan kering dan basah. Ada empat kriteria yang akan dinilai dalam lomba ini, yakni kualitas rasa, teknik penyajian, performance dan kebersihan dengan durasi waktu 90 menit.

Erik Gianyar menambahkan, dari lomba tersebut didapat bermacam-macam kreasi jajanan kue. Hal itu menandakan besarnya potensi jajanan khas Kabupaten Bangli. ”Kita berani menjamin makanan yang dihasilkan dalam lomba ini semuanya sehat, karena bahan baku tidak boleh dicampuri bahan pengawet,” tambahnya.

Dari hasil penilaian juri, juara I dalam lomba kuliner ini dimenangkan oleh Dispenda Kab Bangli, sedangkan juara II diraih oleh WHDI Bangli dan juara III diraih oleh BPPKB Kab Bangli. WAN-MB

Baca Juga :
Kapolri Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Capaian Vaksinasi Booster di Bali Tertinggi di Indonesia