Pimpin Apel, Suwirta Ajak Masyarakat Klungkung melakukan Aksi Bela Negara  Klung

single-image

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi Inspektur Upacara yang berlangsung di Lapangan Puputan klungkung, Kamis (19/12/2019).

 Klungkung, (Metrobali.com)

Pemerintah  Kabupaten Klungkung menggelar Apel Bela Negara ke-71. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menjadi Inspektur Upacara yang berlangsung di Lapangan Puputan klungkung, Kamis (19/12/2019).

Dalam amanat Sekretaris Jenderal  Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Muda TNI Ahmad Jamaludin yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan tidak hanya militer yang berperan dalam membangun ketahanan Indonesia, tapi juga menuntut peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI.

Peringatan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-74 mengambil Tema mewujudkan SDM Unggul demi kemajuan Indonesia. Pancasila adalah visi final bangsa dan Negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

Pada tahun 2018, Presiden Republik Indonesia telah mengintruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran Kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.

Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideology negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan bernegara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan masyarakat yang berdaulat, adil dan makmur.

Mengharapkan Aksi Nasional bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun actual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam kesempatan tersebut mengajak masyarakat Klungkung untuk bersama-sama melakukan instruksi Presiden Republik Indonesia terkait Aksi Nasional Bela Negara.

Disela-sela Apel Bela Negara ke-71, diisi dengan Penganugerahan Tanda Kehormatan “Satya Lancana Karya Satya” kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Penghargaan diserahkan kepada Ir. Ida Kade Arga, M.M. Pembina TK.I/Kabag Umum pada Sekretariat Daerah Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, I Wayan Mawa, S.H penata/Staf pada Dinas Sosial  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung Provinsi Bali, I Wayan Sulandra pengatur Tk. I/ Staf pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kwasan Pemukiman Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Diakhir Apel, Bupati Suwirta didampingi Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra menyerahkan kenang-kenangan dan penghargaan kepada Anggota Korpri yang menginjak masa pensiun TMT 1 Desember 2019 yakni Ida Bagus Made Dwisana, S.Pd Pembina Tingkat I/ IVb SDN 1 Dawan Klod Masa Kerja Pensiun 40 Tahun 2 Bulan, Mulyadi  Pembina Tingkat I/ IVb SMPN 1 Semarapura Masa Kerja Pensiun 38 Tahun 8 Bulan, I Wayan Sukadana Pembina Tingkat I/ IVb SDN 3 Tusan Masa Kerja Pensiun 37 Tahun 11 Bulan, Ni Ketut Rumiartini, Pembina Tingkat I/ IVb SMPN 1 Semarapura Masa Kerja Pensiun 36 Tahun 9 Bulan, Made Sumari, S.Pd Pembina Tingkat I/ IVb SDN Semarpura Kaja Masa Kerja Pensiun 36 Tahun 8 Bulan. (Humasklk/Cok).

Bagikan :
Baca Juga :
Khofifah Enggan Tanggapi Isu "Reshuffle"

Leave a Comment

Your email address will not be published.