Gianyar (Metrobali.com)-
I Nyoman Netra  yang merupakan incumbent kembali terpilih sebagai Kepala Desa Batuan, Sukawati setelah dalam pemilihan Kepala Desa, Minggu (6/1) mengalahkan rivalnya. Dalam pemilihan yang dilaksanakan di 19 TPS yang tersebar di wilyah Desa Batuan, Calon Nomer 1.  I Wayan Murdana meraup 895 suara, calon nomer 2. I Nyoman Netra meraih 2779 suara dan calon nomer 3. I Nyoman Suburyasa memperoleh 1271 suara.  
Menurut Ketua Panitia Pilkades Batuan, I Wayan Suka, jumlah daftar pemilih tetap tercatat 6238 orang namun sampai akhir penutupan  pemungutan suara  jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya tercatat 4828. Sedang 1410 pemilih lain tidak hadir karena berbagai sebab. “Sesui dengan hasil pemungutan suara, maka yang menang dalam Pilkades Batuan adalah I Nyomen Netra dengan perolehan 2779 suara,” jelas Suka.
Warga Batuan, dengan antusias menggunakan hak pilihnya pada 19 TPS yang tersebar di wilayah Desa Batuan. Salah seorang Warga Batuan, Ida Bagus Alit Puspa mengatakan, walaupun ada 3 orang kandidat, tetapi  pelaksanan pemilihan kepala desa berjalan dengan baik dan lancar. Ini mencerminkan kalau masyarakat sudah memahami dan mengerti demokrasi. “Pilihan boleh beda tetapi siapun pemenangnya harus didukung oleh semua warga,” ujar Alit Puspa. 
Pada hari yang sama juga digelar Pilkades di Desa Pejeng Kaja, Tampasiring. Dari 3746 orang pemilih, calon nomer urut 1. I Dewa Gede Artha Putra meraup 1407 suara, calon nomer 2. I Nyoman Suteja meraih 614 suara, calon nomer 3. I Nyoman Tunastra meraih 27 suara dan nomer 4. Anak Agung Alit Bawa  mendapatkan 1028 suara.
Menurut Ketua panitia Pilkades Pejeng Kaja, I Dewa Made Rai,  jumlah daftar pemilih tetap tercatat 3746 orang, dengan suara sah 3076, suara tidak sah 57 dan yang tidak menggunakan hak pilihnya 613 orang. “Dari hasil perolehan suara dalam Pilkades Pejeng Kaje, pemenangnya I Dewa  Gede Artha Putra,” ujar Dewa Rai.
Sedangkan pada Pilkades Tegalalang yang juga diselenggaraka pada hari yanga sama, Minggu (6/1) dimenagkan Dewa Rai Sutrisna. Dalam Pilkades Tegallang yang tercatat sebagai pemilih tetap adalah 6855 orang. Hanya saja menurut Ketua Panitia Pilkades Tegalalang, I Wayan Dugdug Pastika, yang menggunakan hak pilihnya 6030 orang dan yang tidak menggunakn hak pilihnya 825 orang.
Berdasarkan hasil pemilihan, nomer urut 1.  Cokorda Gde Putra memperoleh 570 suara, Nomer2. Dewa Rai Sutrisna mendapatkan 3319 suara dan nomer 3. I Wayan Sila meraih 2073 suara. “Sesuai dengan hsil pemungutan suara, yang menag dalam Pilkades Tegallalang adalah Dewa Rai Sutrisna yang mendapatkan 3319 suaram” ujar Pastika.   
Dari pantauan Metrobali.com dilapangan, pilkades yang diselenggarkan serentak di tiga desa tersebut berjalan dengan aman dan lancar. ADI-MB
Baca Juga :
AP I imbau calon penumpang tes cepat antigen pada H-1 keberangkatan