Denpasar (Metrobali.com)-

Tahapan pendaftaran calon perseorangan di KPU Bali untuk Pilgub Bali 2013 sudah dimulai Kamis (20/12). Rencanya tahapan penyetoran dokumen dukungan ini dibatasi hingga 24 Desember mendatang, dan selanjutnya dilakukan verifikasi.

Pada hari pertama Kamis (20/12), kantor KPU Bali tampak masih sepi dari kedatangan  calon perseorangan untuk menyetorkan data dukungan.

“Hari pertama ini sampai batas jam kerja, belum ada calon perseorangan yang datang menyetorkan dokumen dukunga,” ujar Ketua Pokja Pencalonan Pilgub 2013 KPU Provinsi, Ni Putu Ayu Winariati, Kamis (20/12).

Berdasarkan jadual yang ditetapkan KPU Bali, masa pendaftaran bagi calon perseorangan dibuka mulai Kamis (20/12) hingga Senin (24/12). Pada masa ini bakal calon perseorangan diwajibkan menyetorkan dokumen dukungan. Selanjutnya KPU melakukan verifikasi administrasi dan diteruskan verifikasi faktual.

Verifikasi administrasi, kata Putu Ayu,  dijadualkan pada 26 sampai 28 Desember, sedangkan verifikasi faktual mulai 29 Desember hingga 22 Januari tahun depan.

Kata Putu Ayu, jumlah dukungan yang harus disetorkan oleh bakal calon perseorangan  minimal 211.386 atau 5 persen dari jumlah penduduk Bali yang mencapai 4.227.705 jiwa. Dukungan tersebut harus tersebar minimal di lima kabupaten/kota dan disetorkan selain dalam bentuk hard copy juga soft copy.

“Dukungan dalam bentuk hard copy  adalah daftar dukungan dan foto kopi KTP para pendukungnya. Sedangkan dalam bentuk soft copy hanya berupa daftar dukungan  saja,” jelas Putu Ayu.

Bila setelah verifikasi, dokumen dukungan dinyatakan lolos barulah calon perseorangan ini mendaftar yang bersamaan dengan calon dari parpol, yang dimulai pada 31 Januari sampai 6 Februari 2013.

Pemilu Kada Bali yang rencananya digelar Mei tahun depan, sampai saat ini belum ada partai politik yang sudah memunculkan calon gubernur maupun calon wakil gubernur. Namun dari pengamatan di lapangan, sosok Mangku Pastika masih dijagokan bahkan terkesan menjadi ‘rebutan’ sejumlah parpol terutama di luar PDIP. SUR-MB

Baca Juga :
Komisioner KPU Pantau Produksi Logistik Pemilu