Foto: DPW) Partai NasDem Provinsi Bali menyerahkan bantuan satu unit mesin penggilingan jagung (Com Sheler) untuk para petani NasDem di DPC NasDem Blahbatuh di Desa Keramas Gianyar, Senin sore (5/9//2022).

Gianyar (Metrobali.com)-

Partai NasDem Bali terus mendukung upaya dan program pemerintah dalam meningkatkan kapasitas produksi tanaman padi, jagung dan kedelai (pajale) sebagai upaya menjaga ketahanan pangan.

Namun masih banyak kendala yang dihadapi petani untuk meningkatkan produksi pajale salah satunya terkair alat mesin pertanian (alsintan) untuk mengolah lahan.

Persoalan ini pun disampaikan para petani yang tergabung dalam Petani NasDem Gianyar. Dikatakan pengolahan lahan persawaan untuk program pajel memerlukan traktor sebagai alat bantu mempercepat proses tanam bagi Petani NasDem.

Selain memohon bantuan traktor, para petani ini juga menyampaikan permohonan bantuan pupuk organik hingga pengerasan jalan pematang irigasi.

Aspirasi ini mengemuka saat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bali menyerahkan bantuan satu unit mesin penggilingan jagung (Com Sheler), di DPC NasDem Blahbatuh di Desa Keramas Gianyar, Senin sore (5/9//2022).

Bantuan diserahkan oleh Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Bali Tjok Istri Ngurah Roosany yang akrab disapa Tjok Rosa dihadiri pula Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gianyar I Wayan Suryawan dan jajaran pengurus, pengurus dan anggota sayap partai NasDem yakni Petani NasDem dan sejumlah petani di Gianyar.

Tiga wakil petani Nasdem dari perwakilan tiga subak yakni I Wayan Nurita (subak Abang), Ida Bagus Ketut Arjana (subak Peling) dan I Wayan Gejir (subak Dayang) sepakat menyampaikan permohonan alsintan pengolah lahan persawahan seperti traktor untuk mengoptimalkan produksi pajale.

“Kendala kami adalah traktor, karnanya kami mohon bantu traktor, “ujar wayan Nurita yang memiliki 20 hektar lahan persawahan yang dikelola 20 kepala keluarga.  Menurut Nurita, jika fasilitas  pengolahan lahan sawah ini ada, sangat membantu petani dalam program pajale.

Baca Juga :
Menaker : Perekrutan Langsung Siangpura Menyulitkan Pendapatan TKI

Hal senada disampaikan Ida Bagus Arjana, yang memiliki lahan 33 hektar yang dikelola sekitar 28 kepala keluarga. ” Intinya kami bisa dibantu pengadaan traktor sehingga mempercepat proses tanam,” katanya.

ia menambahkan pola tanam padi saat ini yang tengah dirintis adalah jenis beras mentik susu yang proses tanam hingga panen bisa melibatkan 120 orang. “Jika ada traktor kami semakin cepat kerjanya,” urainya.

Sementara itu Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Bali Tjok Istri Ngurah Roosany yang akrab disapa Tjok Rosa mengungkapkan pihaknya tentu akan menindaklanjuti aspirasi para petani khususnya juga melalui Petani NasDem. Sebagai bagian dari sayap Partai NasDem, Petani NasDem akan menyampaikan aspirasi dan usulan Petani Nasdem Gianyar ini.

“Kami tidak menjanjikan, tetapi kami akan sampaikan aspirasi ini kepada Kakak Ketua DPW NasDem Bali,” tambah Siti Amelia, salah satu pengurus DPW Petani NasDem Bali.

Lebih lanjut Tjok Rosa mengatakan, penyerahan bantuan satu unit mesin penggilingan jagung (Com Sheler) ini merupakan program NasDem Bali yang diperuntukan untuk petani Nasdem. Menurutnya Tjok Rosa yang juga Ketua DPW Petani NasDem Bali ini, sebelumnya DPW NasDem Bali memberikan bantuan power thresher di   4 kabupaten/kota lainnya Denpasar, Bangli, Klungkung sedangkan 5 kabupaten akan menyusul hingga akhir September.

“Semua petani NasDem akan dibagikan bantuan sesuai program. Itu bentuk perhatian kami kepada petani dan keseriusan NasDem membangun pertanian Bali yang potensinya sangat besar tapi selama ini kurang mendapatkan perhatian serius,” ungkap Tjok Rosa didampingi anggota Petani Nasdem yakni Siti Amelia dan Yeni Merlany.

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Gianyar I Wayan Suryawa menegaskan piihaknya siap mengawal kalau ada kendala di lapangan kaitan dengan proposal pajale yang masuk ke dinas pertanian. “Para petani majukan proposal, DPD siap amankan,” pungkas Suryawan.

Baca Juga :
OC Kaligis berkeras tolak diperiksa KPK

Sementara terkait bantuan satu unit mesin penggilingan jagung (Com Sheler) ini, dia mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat bagi ini dan program ini tepat sasaran jika diserahkan pada yang benar-benar petani Nasdem.

“Kami tidak akan merekomendasi bila tidak lewat jalur petani Nasdem. Sebab program ini sesuai dengan kebutuhan petani di akar rumput, “kata mantan anggota DPRD Gianyar 2003-2009 ini seraya menjamin bahwa apa yang diberikan DPW akan sampai ke tangan petani NasDem sesuai daftar list yang ada. (wid)