Foto: I Gusti Agung Rai Wirajaya, Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan.

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya memberikan pesan khusus kepada enam kepala daerah di Bali yakni lima pasangan Bupati dan Wakil Bupati serta satu pasang Walikota dan Wakil Walikota yang resmi dilantik oleh Gubernur Bali Wayan Koster, Jumat (26/2/2021).

Rai Wirajaya menitipkan pesan agar para Bupati/Walikota di Bali yang baru dilantik ini mengedepankan kejujuran dan transparansi dalam menyusun APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) dan penggunaannya.

Selain itu, harus juga ada kerjasama yang baik dengan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) maupun BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan).

“Kalau ada hal-hal yang kurang dimengerti segera koordinasi dengan BPK dan BPKP agar pelaporan secara rutin tahunan maupun audit keuangan APBD agar bisa dijaga dengan baik,” pesan Anggota Komisi XI DPR RI yang membidangi keuangan, perencanaan pembangunan dan perbankan ini.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini menyebutkan kabupaten/kota di Bali sebagian besar sudah meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK atas audit Laporan Keungan Pemerintah Daerah (LKPD).

“WTP harus tetap dijaga. Walaupun masih ada catatan-catatan, ke depan kalau bisa harus dikurangi,” papar politisi senior asal Peguyangan, Denpasar ini.

Para kepala daerah yang dilantik ini juga diharapkan agar bisa menepati janji-janji kampanyenya. “Dalam kondisi pandemi ekonomi tidak bergerak, kebutuhan dan harapan masyarakat agar bisa direspon dengan baik,” harap Anggota DPR RI empat periode ini.

Enam kepala daerah di Bali yang dilantik Jumat (26/2/2021) yakni Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Badung, Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa. Walikota dan Wakil Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara-Kadek Agus Arya Wibawa. Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tabanan,Komang Gede Sanjaya- Made Edi Wirawan.

Baca Juga :
Wawali Arya Wibawa Terima Kunjungan Kerja Pemkot Salatiga 

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karangasem Gede Dana-Wayan Artha Dipa. Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta-Wayan Diar. Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jembrana I Nengah Tamba- IGede Ngurah Patriana Krisna. (wid)