Klungkung ( Metrobali.com )-
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klungkung mulai mensosialisasikan sensus penduduk tahun 2020 menuju satu data kependudukan Indonesia.
Guna mewujudkan hal tersebut, BPS menggandeng sejumlah unsur pemerintah yang ada di Kabupaten Klungkung salah satunya Polres Klungkung guna ikut serta berpartisipasi aktif memperbarui data kependudukannya, Senin  (24/2/2020) pagi
Kunjungan Kepala BPS dan tim tersebut disambut langsung oleh WakaPolres Klungkung Kompol Ida Bagus Dedi Januartha, S.H., M.H.
Kepala BPS Kabupaten Klungkung, menjelaskan, Sensus Penduduk Tahun 2020 dimulai tanggal 15 Februari s/d dengan tanggal 31 Maret 2020, pencacahan berbasis Online (dengan jaringa TIK) dalam artian menggunakan metode baru ( beralih dari metode Tradisional).
“Tujuan sensus penduduk Tahun 2020 adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia. Selain itu, menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk dalam hal ini fertilitas, mortalitas, dan migtasi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indicator,” ujarnya.
Tim juga menambahkan, pertimbangan menggunakan Teknologi TIK, sebab mobilitas penduduk sekarang ini sangat tinggi, penduduk banyak beraktifitas di luar rumah, ada juga kelompok yang sulit dijangkau, jadi pada intinya untuk mendapatkan kualitas data register yang semakin baik.
“Untuk dapat terlaksananya Sensus berbasis TIK, akan dijelaskan cara membuka, mengupload dan cara mengisi data dengan harapan nantinya seluruh Personil Polres Klungkung yang mensosialisasikan kepada masyarakat di tempat tugas dan lingkungannya masing-masing”, imbuhnya.
Sementara itu, Wakapolres di damping Kabag Sumda mengatakan pihaknya mendukung dengan adanya kegiatan sensus online ini dan selanjutnya akan turut berpartisipasi aktif dalam sosialisasinya kepada masyarakat.
“Kegiatan ini sangat penting bagi kita sebagai anggota Polri begitu juga dalam pelaksanaan tugas kita sebagai Polri sangat dibutuhkan. Dan akan kami jadwalkan untuk disosialisasikan kepada anggota terlebih dahulu,” jelas Januartha. SUS-MB
Baca Juga :
Kepolisian Masih Buru Pelaku Pencurian Ketu di Pura Taman Limut Pangosekan Ubud