Foto: Emiliana Sri Wahjuni, Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei 2021.

Denpasar (Metrobali.com)-

Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan HLUN tahun ini cukup berbeda karena harus masih menghadapi masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19.

Namun spirit dan semangat untuk memperingati dan memaknai HLUN 29 Mei 2021 tak pernah padam. Tujuan peringatan HLUN tersebut adalah untuk mengapresiasi semangat jiwa raga serta peran penting dan strategis penduduk lanjut usia di Indonesia.

“Kita sangat sadar pandemi Covid-19 ini mengubah segalah termasuk berdampak pula bagi kehidupan para lansia. Selain mereka termasuk kelompok yang rentan terpapar Covid-19, aktivitas para lansia ini juga terbatasi karena pandemi dimana mereka sebenarnya butuh berinteraski dan butuh perhatian serta kasih sayang kita,” kata Emiliana Sri Wahjuni, Anggota Komisi IV DPRD Kota Denpasar yang salah satunya membidangi kesejahteraan sosial (termasuk kesejahteraan lansia), saat ditemui di Denpasa, Jumat (28/5/2021).

Kader perempuan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini mengajak menjadikan momentum peringatan HLUN 29 Mei 2021 menjadi refleksi dan kontemplasi kembali kita semua untuk lebih memberikan perhatian, kepedulian dan empati kepada para lansia baik di lingkungan keluarga sendiri maupun di lingkungan masyarakat terdekat.

“Kita semua sudah pasti akan menjadi tua, kita pun akan menjadi lansia seperti mereka. Jadi hargai mereka para lansia, jangan sampai ada lansia yang terlantar. Kewajiban negara, pemerintah juga untuk memberikan perlindungan dan menjamin kesejahteraan para lansia,” kata Emiliana Sri Wahjuni yang akrab disapa Sis Emil ini.

Sekretaris Fraksi NasDem-PSI ini juga menyebutkan DPRD Kota Denpasar bersama Pemerintah Kota Denpasar sangat serius menyipkan payung hukum hingga program-program untuk perlindungan dan menjamin kesejahteraan para lansia. Saat ini Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Lanjut Usia (Ranperda Lansia) telah diselesaikan dibahas di DPRD Kota Denpasar dan tinggal disahkan bersama Walikota Denpasar.

Baca Juga :
6 Finalis Paparkan Karya Ilmiah di Hadapan Gubernur

“Semoga Perda itu nanti memberikan perlindungan yang memadai dan menyeluruh bagi para lansia di Kota Denpasar sehingga kota kita juga bisa jadi kota yang ramah lansia,” kata wakil rakyat yang dikenal sangat getol menyuarakan dan memperjuangan hak dan kepentingan para lansia di Kota Denpasar hingga kerap menyelenggaran berbagai kegiatan pemberdayaan lansia di Rumah Kreatif Emiliana Sri Wahjuni di Kerta Dalem Mansio, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan.

Untuk diketahui tema kegiatan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 pada 29 Mei tahun 2021 ini adalah “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Maksud dari tema tersebut adalah bahwa keluarga merupakan lembaga terkecil yang menjadi tempat persemaian cinta kasih bagi setiap orang. Dari kondisi tersebut, maka orang tua yang menjadi penjuru bagi generasi muda sekaligus panutan.

Sebagaimana disampaikan Kemensos, tema tersebut akan mendasari sub tema: 1. Bakti Anak kepada Orang Tua Membawa Kebahagiaan. 2. Kasih kepada Orang Tua Membawa Keberkahan. (wid)