Peringatan HUT Kota Negara, Bupati Artha: Sebagai Momentum Refleksi dan Evaluasi

single-image
Puncak perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Jembrana I Putu Artha yang kemudian diserahkan kepada Bupati Jembrana periode 1990 – 2000, Ida Bagus Indugosa disaksikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dan unsur pimpinan dari Forkopimda Jembrana, Sekda Jembrana, I Made Sudiada, pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana serta ribuan masyarakat Jembrana.

Jembrana (Metrobali.com)-

Puncak malam peringatan HUT Kota Negara ke-123 dilaksanakan di Gedung Kesenian Dr. Ir Soekarno, Rabu (15/8). Puncak perayaan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Jembrana I Putu Artha yang kemudian diserahkan kepada Bupati Jembrana periode 1990 – 2000, Ida Bagus Indugosa disaksikan Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan dan unsur pimpinan dari Forkopimda Jembrana, Sekda Jembrana, I Made Sudiada, pimpinan OPD dilingkup Pemkab Jembrana serta ribuan masyarakat Jembrana.

Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya mengatakan perayaan HUT Kota Negara merupakan momentum yang tepat untuk melakukan refleksi dan mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Jembrana serta mensyukuri keberhasilan yang diraih.

“Melalui perayaan ini saya harap mampu menumbuhkan ikatan emosional serta memperdalam rasa bangga sebagai masyarakat Jembrana” kata Bupati Artha.

Dengan demikian kata Bupati Artha, akan terbangun rasa kebersamaan dan sinergitas segenap komponen masyarakat dalam penyelengaraan pemerintahan daerah, pemberian pelayanan, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sehingga kehidupan masyarakat Jembrana menjadi lebih baik dan sejahtera.

Bupati Artha mengatakan dalam perayaan HUT Kota Negara yang ke-123 pihaknya sengaja mengambil tema “Bhuana Kanti” yang berarti Memuliakan Alam Sebagai Sumber Kehidupan. Tema ini menurutnya mengandung makna yang sangat dalam, dimana Pemkab Jembrana disetiap melaksanakan programnya, baik pembangunan maupun perbaikan disegala bidang senantiasa berpijak pada filosofi Tri Hita.

Baca Juga :
Benahi Infrastruktur, Harapan Masyarakat Buleleng Cukup Realitis

Berbagai upaya telah dilakukan antara lain dengan meningkatkan perekonomian melalui optimalisasi potensi lokal dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, pendidikan, sosial dasar serta meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik. Tekad Pemkab Jembrana juga sejalan dengan Program Nawacita yang salah satunya Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia.

“Kita patut bersyukur atas keberhasilan yang telah kita capai. Namun saya ingatkan, keberhasilan itu bukanlah upaya individu, kelompok, maupun golongan semata, tetapi hasil kerja kolektif dari seluruh masyarakat Jembrana tanpa terkecuali sesuai dengan perannya masing-masing” tegas Bupati Artha.

Selanjutnya Bupati Artha berpesan agar terus berjuang tanpa pamrih dan tanpa menghitung jasa – jasa demi kesejahteraan rakyat, seperti yang disampaikan “The Godfather” bangsa kita, Bung Karno yang mengatakan “Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segitiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk – gubuk, pekerjaan kita belum selesai. Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak – banyaknya keringat”.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Penyelenggara HUT Kota Negara, Sekda Jembrana, I Made Sudiada menyatakan dalam peringatan kali ini Pemkab melaksanakan berbagai kegiatan olahraga dan seni budaya yang senantiasa dimodifikasi dari tahun ke tahun yang di kemas dalam kegiatan Jembrana Festival III Tahun 2018. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa bangga sebagai masyarakat Jembrana dan masyarakat Kota Negara, khususnya.

Serangkaian kegiatan Jembrana Festival III Tahun 2018 lanjutnya, total kegiatan yang dilaksanakan mencapai 59 jenis kegiatan, antara lain, bidang olahraga terdiri dari pertandingan dan perlombaan, bidang kesenian dan budaya, Pameran Industri dan Kerajinan, Fashion Show dan Kuliner.

Sebagai puncak acara kata Sudiada, akan dilaksanakan Parade Budaya Jembrana yang dilaksanakan pada tanggal 1 September 2018 bertempat di Jalan Sudirman dengan peserta terdiri dari Kelompok Kesenian dan Budaya di Kabupaten Jembrana, Tim Kesenian Daerah dari Kabupaten/Kota se-Bali. “Parade budaya juga diikuti kesenian dari luar Bali” ujarnya.

Baca Juga :
Bupati Artha : Seleksi PNS Transparan, Jangan Percaya Calo

Pada perayaan HUT Kota Negara juga ditampilkan hiburan berupa, band Vinca, Maranioa, Vana, Mr Rayen, Lawak Sunari Bajra, dan ditutup oleh Band Navicula. Selain itu juga akan diserahkan hadiah bagi pemenang lomba seperti lomba Adi Wiyata SD, SMP dan SMA dan SKJ serta Sepak Bola Mini (futsal).

Sumber : Humas Jembrana
Editor    : Whraspati Radha
Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.