Mangupura (Metrobali.com)-

Yel-yel remaja Badung yakni “Remaja Badung, melangkah bersama membangun Badung…..Tepati janji Stop AIDS..”  dikumandangkan ratusan siswa pelajar SMP dan SMA/SMK se- Badung yang mengikuti program Badung Bali Stop AIDS 2012 saat  Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta memasuki aula Gedung Lotring dalam rangka membuka Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2012 di Kabupaten Badung yang dipusatkan di Gedung Lotring Kuta  Sabtu (1/12).

Adapun tema Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2012 di Indonersia “Lindungi Perempuan dan Anak Dari HIV/AIDS”. Hadir dalam peringatan tersebut Anggota DPRD Kab. Badung I Wayan Puspanegara , Pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Camat se- Badung, Lurah dan Perbekel se-Badung, Perwakilan Komisi Penanggulangan AIDS Prov. Bali, PMI Kab. Badung, Perwakilan Rotari Club Nusa Dua, Perwakilan perusahaan-perusahaan yang telah memiliki pokja AIDS ditempat kerja serta  hadir pula dari kelompok pupulasi kunci yang rentan terhadap penularan HIV/AIDS

Dalam sambutan Bupati Badung yang dibacakan oleh Wakil Bupati I Ketut Sudikerta sekaligus sebagai Ketua pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kab. Badung mengungkapkan melalui momentum Peringatan Hari AIDS Sedunia 2012 diharapkan masyarakat semakin sadar akan bahaya AIDS serta menumbuhkan kepedulian akan pentingnya perlindungsan perempuan dan anak dari HIV/AIDS.“Dengan kesetaraan gender hapus stigma dan diskriminasi serta Berikan dukungan moral dan moril bagi yang terkena HIV/AIDS!” tegasnya. Lebih lanjut dikatakan permasalahan HIV/AIDS bukan semata tugas dan kewajiban pemerintah akan tetapi diperlukan komitmen dan kepelulian masyarakat, kerjasama lintas sektor, strategi yang terkoordinasi dan sinergi dengan memberdayakan populasi kunci sebagai populasi beresiko tinggi tertular HIV serta adanya dukungan dan partisipasi dari dunia usaha.

Sementara itu Ketua Panitia Peringatan Hari AIDS Sedunia 2012 Kabupaten Badung yang juga merupakan Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Ida Ayu Yustri Indahgustari melaporkan dalam serangkaian Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2012 di Kabupaten Badung telah dilaksanakan kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi HIV/AIDS  pada tanggal 14 November 2012 bertempat di Gedung Lotring Kuta, gebyar informasi dan pembagian media KIE di 6 kecamatan dan dilanjutkan dengan kegiatan pembagian “kondom” di lokasi beresiko tinggi.

Baca Juga :
Sambut Perayaaan HUT RI ke 77, Ny. Antari Jaya Negara Serahkan Paket Bantuan Kepada Warga Pemogan 

Kegiatan ini juga diisi dengan pertunjukan bondres dari KDPA (Kader Desa Peduli AIDS)  Badung, puisi dan lagu yang dibawakan oleh siswa dan siswi KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba), pertunjukan dari OGAWATA yakni Organisasi Gay dan Waria Kuta serta quiz terkait HIV/AIDS yang dibawakan langsung oleh Sudikerta dan yayasan spektra unilever dengan melibatkan siswa pelajar SMP dan SMA/SMK se- Badung yang mengikuti program Badung Bali Stop AIDS 2012. GAB-MB