SIWARATRI 1

Klungkung (Metrobali.com)-

Perayaan malan siwaratri di Kabupaten Klungkung berlangsung hikmad, Rabu (29/1) malam. Perayaan diisi dengan persembahyangan bersama disejumlah Pura. Seperti yang dipusatkan Pura Jagatnata Kabupaten Klungkung, persembahyangan berlangsung hikmad, dipuput Ida Pedanda Gede Wayahan Keniten, dari geriya tengah, Semarapura.

Selain di pura Jagatnata, persembahyangan bersama yang dipadati ratusan pemedek ini juga dilaksanakan disejumlah pura lainnya, seperti Pura Goa Lawah, Pura Watu Klotok serta Pura-pura lainnya. Dalam persembahyangan di Pura Jagatnata juga diisi dharmawacana dari Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali, Gusti Ngurah Sudiana.
Dalam dharmawacananya, Ketua PHDI menekankan tentang arti dan makna hari raya Siwaratri. Dihadapan ratusan pemedek yang tangkil, Ngurah Sudiana mengajak umat sedharma untuk memaknai perayaan siwaratri ini sebagai ajang pengendalian diri dari segala godaan serta selalu berpikiran positif. Melaksanakan siwaratri itu menurut Sudiana harus dilaksanakan dengan iklas, jadikan momen ini untuk mendekatkan diri dengan Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa.
“Melalui perayaan Siwaratri ini bagaimana kita mampu memusatkan pikiran kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa,”jelasnya.
Sementara itu, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta yang hadir didampingi Ny. Ayu Suwirta tampak berbaur mengikuti persembahyangan bersama dengan pemedek lainnya. Tampak pula mengikuti persembayangan bersama, Sekda Klungkung, Ketut Janapria, SKPD dilingkungan Pemkab Klungkung, kalangan siswa serta masyarakat Klungkung lainnya.
Pada kesempatan ini, Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta mengajak seluruh umat sedharma serta generasi muda untuk dapat melaksanakan dan memaknai perayaan siwaratri ini dengan baik. Melalui perayaan siwaratri ini, menurut Bupati Suwirta makna yang paling dalam adalah sebagai umat manusia, kita harus merenungkan kembali segala sesuatu yang sudah diperbuat pada hari-hari yang sudah lewat.
“Tentu dengan perenungan ini kita instrospeksi diri untuk berbuat yang lebih baik dihari berikutnya,”ujar Bupati Suwirta.SUS-MB
Baca Juga :
Jumat Besok, PPI Akan Deklarasikan Pengurus Bali