IMG_3363Klungkung (Metrobali.com)-

(Brugelette) Masyarakat Hindu Indonesia merayakan Hari Raya Saraswati pada hari Sabtu, 19 Agustus 2017 di Pura Hindu yang terletak di taman rekreasi Pairi Daiza, Brugelette, Belgia. Sebanyak 300 lebih masyarakat Hindu Indonesia yang datang dari Belgia, Belanda, Jerman, Prancis, Irlandia dan Italia memadati Pura untuk melakukan sembahyang dan perayaan bersama, menurut I Made Wardana, ketua Banjar Shantidarma di Belgia yang menjadi panitia penyelenggara acara dimaksud.

 IMG_3382

Kegiatan sembahyang di pagi hari diikuti oleh perayaan oleh masyarakat Hindu Indonesia dan dimeriahkan oleh pagelaran musik dan tari Bali. Acara perayaan ini selain diikuti warga Hindu Indonesia, juga dipadati para pengunjung taman Pairi Daiza asal Belgia yang tertarik dengan kebudayaan Bali, menurut Ignatius Priambodo, Sekretaris Pertama Penerangan pada KBRI Brussel.

“Masyarakat Hindu Indonesia di Belgia dan Eropa harus dapat terus mengembangkan kreatifitas dan berkontribusi terhadap pemajuan ilmu pengetahuan, sesuai makna perayaan hari Saraswati,” ujar Yuri Thamrin, Duta Besar Indonesia untuk Belgia, dalam sambutannya. Dubes Yuri juga mengajak para pengunjung asal Belgia untuk berlibur ke Indonesia dan untuk menghadiri berbagai kegiatan dalam kerangka Festival Europalia 2017 di Belgia.

 IMG_3366

Festival Europalia merupakan pagelaran seni budaya terbesar di Eropa yang diselenggarakan di Belgia dan negara-negara sekitarnya. Tahun ini Indonesia menjadi negara tamu dan akan dilaksanakan lebih dari 200 kegiatan seni budaya seperti eksibisi, musik, tarian, literatur, sinema dan lainnya yang menghadirkan lebih dari 600 seniman. RED-MB 

Baca Juga :
Banjir Rob Terjang Candikusuma: Pemprov Bali Gerak Cepat