Buleleng, (Metrobali.com)-

Pasar UMKM Desa Panji secara resmi ditutup, setelah sebelumnya berlangsung selama 3 hari terhitung mulai tanggal 7 – 9 Juni 2024 di lapangan Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng yang dalam pembukaanya dibuka langsung Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan, S. S. T. Par. M. B. A pada Jumat, 7 Juni 2024 petang lalu.

Perbekel Desa Panji Jro Mangku Made Ariawan mengatakan pihaknya sangat berbangga bisa mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan UMKM yang ada di Desa Panji selama 3 hari.

“Banyak UMKM yang dilibatkan salah satunya adalah UMKM yang hasil produksinya dari sampah, dimana sampah sendiri merupakan barang sisa yang harus dimanfaatkan agar tidak menjadi sumber kotoran yang utama.” terangnya

“Dan puji astungkara, hari ini pameran UMKM yang bersinergi dari Pemerintah Desa Panji bersama para stekholder salah satunya Rumah Relawan R-JOSS 24 sudah berakhir dan kami juga selain mempromosikan hasil karya pengolahan makanan juga mempromosikan hasil karya pengelolaan sampah baik plastik maupun kompos. Tujuannya untuk mengurangi sampah-sampah yang memiliki kesan kotor dan tidak terpakai menjadi barang yang berguna,” urai Mekel Mangku Ariawan.

Sementara itu dr. Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang hadir diacara penutupan Pasar UMKM Desa Panji mengaku mengapresiasi para pelaku UMKM yang ada di Desa Panji, terlebih lagi Desa Panji dikenal sebagai desa dengan berbagai UMKM didalamnya. Tidak hanya itu saja pihaknya juga mengapresiasi keberadaan generasi muda yang ikut melestarikan adat kebudayaan, tradisi Bali yang dalam pameran ini diadakan beberapa lomba mengangkat kearifan lokal Bali.

“Desa Panji masalah UMKM tidak perlu diragukan lagi, dimana desa ini merupakan salah satu desa memiliki cukup banyak UMKM yangmana perlu kiranya diwadahi salah satunya dengan mengadakan pameran seperti ini. Kedepan saya juga akan mendukung pemajuan UMKM yang ada di Desa Panji, serta generasi muda yang ikut melestarikan budaya adat dan tradisi lewat bidang yang mereka miliki ” tandas Sutjidra mantan Wakil Bupati dua periode ini.

Sebagai informasi, Pasar UMKM ini diikuti 18 UMKM dan juga di isi dengan berbagai kegiatan diantaranya Zumba Party, Lomba Mesatua Bali, Festival Aksara Bali, Aerobik PKK Panji, Wahana Bermain, Kuliner, Service Honda, lomba karaoke dan juga dihibur Penyanyi Budiarsa, dalam penutupan pameran umkm juga dihadiri oleh salah satu pelaku pariwisata Buleleng Jro Mang Dauh Arya Astawa. GS