Lomba 1
Mangupura (Metrobali.com)-
                Pemerintah Kabupaten Badung selalu serius dalam mempercepat proses pembangunan di desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Badung, karena disadari bahwa keberhasilan pembangunan daerah bahkan tingkat nasional sekalipun sangat ditentukan oleh keberhasilan pembangunan di desa dan kelurahan yang merupakan garda terdepan pemerintahan yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Dan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung yang tinggi terhadap pembangunan desa tidak hanya ditunjukkan dengan gelontoran dana yang besar ke desa tetapi sejalan dengan itu secara rutin dilaksanakan peningkatan sumber daya aparatur pemerintahan desa, yang bersinergi juga dengan lembaga-lembaga desa seperti BPD,PKK,LPM dan lain-lain. Demikian diungkapkan Bupati Badung Anak Agung Gde Agung saat membuka Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Badung bertempat di Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan, Senin (13/4) .
Ditegaskan Gde Agung bahwa pelaksanaan lomba desa  ini merupakan agenda rutin setiap tahun sebagai barometer obektif terhadap kemajuan desa. Desa juga menjalankan kewenangannya terutama penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa. Dan lomba kali ini juga dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi dan berkelanjutan yang dimaksudkan untuk menilai keberhasilan pembangunan desa/kelurahan dalam kurun waktu tertentu, dan juga dimaksudkan sebagai media untuk mengasah kreativitas, menumbuhkan rasa memiliki dan kepedulian masyarakat terhadap kemajuan desanya sendiri.  Gde Agung juga menyampaikan bahwa dalam meningkatkan pelayanan dan tanggung jawab kepada masyarakat maka  sarana dan prasarana kantor Desa yang ada di Badung sebagian besar telah diperbaiki, sehingga hal itu diharapkan mampu untuk merubah paradigma di masyarakat dari Membangun Desa, Menjadi Desa Membangun dan Membangun Indonesia,  karena masyarakat  desa secara mandiri telah dapat membangun desanya sendiri. Dan secara nyata juga dikatakan bahwa melalui lomba ini telah terjadi lompatan keberhasilan pembangunan di desa seperti menurunnya angka kemiskinan, mengurangi pengangguran, kualitas pendidikan dan kesehatan yang semakin baik. “Keberhasilan tersebut  merupakan hasil kerja keras dan pengorbanan yang tidak sedikit dan menyadari bahwa ada prestasi yang diraih tanpa melalui suatu proses perjuangan dan pengorbanan. Untuk itu maka diharapkan agar seluruh masyarakat  untuk tetap dan selalu bahu membahu, mengembangkan sikap gotong royong untuk mencapak kesejahteraan yang lebih baik” ucap Gde Agung.
Sementara ketua panitia penyelenggara lomba desa Putu Gede Sridana dalam laporannya mengatakan materi lomba dalam lomba desa ini meliputi administrasi desa/kelurahan dan sepuluh program pokok PKK. Disampaikan pula bahwa desa yang memperoleh juara pertama dalam loma desa ini selanjutnya akan ditunjuk menjadi duta Kabupaten Badung dalam lomba yan sama untuk tingkat Provinsi bali yang akan dilaksankan pada tanggal 25 Mei mendatang. Peserta lomba ini diikuti empat kecamatan yaitu Kecamatan Abiansemal, Kecamatan Petang, Kecamatan Kuta Selatan dan Kecamatan Mengwi. RED-MB 
Baca Juga :
Pemilihan Perbekel di Tiga Desa, Dua Desa Dimenangkan Incumbent