Mangupura (Metrobali.com)-

Pengurus dan Paguyuban Zwitra Di Udara (ZDU) dengan frekwensi call freq 146 360 Mhz untuk wilayah Badung Utara secara resmi dikukuhkan, Selasa (11/6) lalu di Wantilan Kolam Renang Tirta Yasa, Desa Mambal, Abiansemal. Pengurus ZDU dikukuhkan oleh Ketua Orari Badung I Wayan Suwendra disaksikan Bupati Badung diwakili Kabid Informasi dan Telekomonikasi Dishubkominfo Badung I Dewa Made Ardita serta para undangan yang hadir. Pengurus ZDU yang dikukuhkan diantaranya selaku penasehat I Nyoman Sutama, Ketua I Wayan Pudia, Sekretaris I Made Teja dan Bendahara I Gusti Made Sujana. 

            Ketua Orari Badung I Wayan Suwendra mengatakan, organisasi Orari berdiri sejak tahun 1968. Berdirinya organisasi ini sesuai amanat UU Informasi dan Telematika. Anggota orari di Kabupaten Badung berjumlah 400 orang. Lebih lanjut Suwendra menyambut baik keberadaan peguyuban ini. Diharapkan, frekwensi yang digunakan sebagai alat komunikasi dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin. “Apapun yang terjadi selalu diinformasikan sehingga organisasi ini tetap terjaga dengan baik. Mohon hati-hati menggunakan frekwensi agar tidak mengganggu frekwensi lain,” harapnya. Paguyuban tersebut juga diharapkan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh Orari.

 

            Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Dewa Ardita menekankan, bahwa sesuai peraturan Menteri Kominfo No. 34 tahun 2009 tentang penyelenggaraan komunikasi radio antar penduduk atau KRAP, Pemkab Badung sangat mengapresiasi pengembangan komunikasi radio antar penduduk di wilayah Badung. Untuk itu program dan kegiatan pengurus ZDU ini dapat diarahkan kepada hal-hal seperti ZDU dapat berperan serta dalam menjaga persatuan dan kesatuan NKRI serta kedepan agar menyelaraskan dinamika penyelenggaraan KRAP dengan perkembangan TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi) seperti komunikasi radio menggunakan jaringan internet yaitu ROIP (Radio Over Internet Protocol).

 

Baca Juga :
Jatim Bangun Wisma Atlet Hadapi AYG 2021

            Sementara Ketua Panitia I Gede Ngr. Sunartha melaporkan, serangkaian pengukuhan pengurus dan paguyuban ZDU ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan seperti; bakti sosial dengan penanaman 100 bibit bunga dan bersih-bersih di Pura Pucak Mangu, donor darah bekerjasama dengan PMI Kab. Badung dan Gafatar (Gerakan Fajar Nasional Provinsi Bali), serta melaksanakan kegiatan kebersihan dan pengumpulan sampah plastik disekitar desa Mambal bekerjasama dengan Gafatar. PUT-MB