Budi Sanjaya Putra : Kejuaraan Basket ini, jadi Ajang Pembibitan Atlet Muda

Buleleng (Metrobali.com)-

Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Buleleng menggelar Kejuaraan Perbasi Buleleng Cup 2022 di Lapangan Basket Outdor Sektor Timur, GOR Bhuana Patra, Singaraja, pada Selasa, (13/9/2022).

Kejuaraan Basket bertajuk “Reborn” yang dihelat selama dua pekan kedepan, dari 13 – 24 September 2022, sebagai bagian dari penjaringan pebasket muda di Buleleng.

Ketua Umum Perbasi Buleleng, Budi Sanjaya Putra mengatakan Perbasi Buleleng Cup 2022 merupakan titik balik kebangkitan pembinaan cabang olahraga (Cabor) Basket yang selama kurun waktu dua tahun sempat terhenti, lantaran pandemi Covid-19.

“Reborn memiliki arti bangkit kembali. Jadi selama pandemi Perbasi Cup tidak dilaksanakan. Di Tahun 2022 ini, syukur dapat kita gulirkan lagi. Hal ini berarti suatu kelahiran kembali dari kompetisi yang sangat kita banggakan di Buleleng,” jelasnya.

Lebih lanjut Ketum Perbasi yang akan berakhir masa jabatannya di bulan November 2022 mendatang ini menuturkan, event lanjutan dari kompetisi terakhir yang dihelat dua tahun lalu menjadi peluang besar bagi calon pebasket yang akan di siapkan menuju Porprov Bali ke-16.

“Untuk Porprov Bali 2022 kita sudah bentuk tim dari tahun lalu. Sekarang adalah untuk mencetak bibit atlet yang kami siapkan untuk Porprov Bali selanjutnya,” tandas Budi Sanjaya Putra.

Sementara ditengah berlangsungnya kejuaraan, Ketua Panitia Perbasi Buleleng Cup 2022, Made Budiawan menyebut kompetisi basket ini sebagai wujud apresiasi pembinaan berjenjang usia dini, dasar dan menengah.

“Event regional tingkat pelajar se Buleleng ini, diikuti 14 tim. Diantaranya kategori SMA putra 5 tim, SMP putra 6 tim, serta eksebisi putri 3 tim.

Baca Juga :
Bupati Tamba Hadiri Peringatan HUT Pertama Museum PNI Shri Wedastera Suyasa

“Harapannya kedepan, semua tertata. Sehingga lahir pemain andalan Buleleng,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, sebagai upaya untuk mendorong perkembangan olahraga basket tingkat junior, Budiawan bakal mengenalkan pola baru eksebisi pertandingan kelompok umur usia dini. Baginya, Perbasi Buleleng Cup 2022 diproyeksikan sebagai event untuk mencetak bibit baru pebasket mumpuni, sekaligus event pemanasan untuk pembinaan basket yang dilakukan pegurus.

“Pasca landainya pandemi hampir semua kegiatan olahraga baru digulirkan. Sekarang peserta animo rendah. Saya percaya tahun depan akan membeludak. Nanti difinal kami akan beri ruang untuk menunjukkan pembinaan tingkat SD sudah ada, dengan pertandingan eksebishi,” tandasnya.

Pembukaan Perbasi Buleleng Cup 2022 disaksikan langsung oleh Ketua Umum KONI Buleleng Ketut Wiratmaja. Lemparan bola keatas atau jump ball dilakukan Ketua Umum KONI dan Ketua Umum Perbasi sebagai penanda kejuaraan resmi digulirkan.

Pada laga perdana Perbasi Buleleng Cup 2022, pertandingan berlangsung antara tim SMPN 1 Singaraja berhadapan Klub Gladiator dengan kemenangan 43-24 untuk SMPN 1 Singaraja. Menurut rencana pada partai final Sabtu (24/9/2022) nanti akan dilaksanakan pertandingan uji coba antara Tim Porprov Bali Buleleng melawan Kabupaten Karangasem. Khusus pada laga penutup itu bakal dihelat di Lapangan Basket Indoor, GOR Bhuana Patra, Singaraja.

Seluruh rangkaian kegiatan Perbasi Buleleng Cup 2022 didukung UKM Basket Undiksha Singaraja.

Pewarta : Gus Sadarsana