Denpasar, (Metrobali.com)

Pemerintah Kota Denpasar betul betul menseriusi permasalahan sampah. Tindakan nyata ini ditandai dengan penyerahan (Surat Keputusan) SK Walikota Penetapan Bank Sampah Dalam Rangka Pengembangan Teknologi Pengolahan Persampahan tahun 2022 yang diserahkan kepada 317 Bank Sampah Desa/kelurahan dan sekolah se-kota Denpasar, pada Jumat (22/4.

Penyerahan SK ini dirangkaikan dengan gelaran acara Peringatan Hari Bumi dan Apresiasi Bank Sampah Kota Denpasar. Penyerahan SK Bank Sampah tahun 2022 ini merupakan lanjutan dari penyerahan SK Bank Sampah tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2020 telah diterbitkan 100 SK Bank Sampah dan pada tahun 2021 sebanyak 224 SK Bank Sampah diterbitkan.

Bertempat di Ruang Taksu, Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan bergandengan tangan dengan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) dalam penyelenggaraan gelaran acara yang bertajuk Kreatifitas Tanpa Batas Untuk Mendorong Perubahan Perilaku dengan Aksi Nyata Sampahku Tanggungjawabku melalui Manajemen Bank Sampah Digital, Mewujudkan Denpasar Smart City Merawat Bumi.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, yang  diwakili Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Denpasar, Anak Agung Gede Risnawan, mengatakan permasalahan sampah saat ini menjadi momok bagi semua lapisan warga masyarakat. “Kita harus memiliki inovasi dalam hal pengolahan sampah. Juga semua lapisan masyarakat, baik jajaran Pemerintah, warga maupun pihak swasta harus bersinergi untuk menagatasi permasalahan sampah di kota Denpasar,” kata Anak Agung Gede Risnawan.

Kepada para perwakilan penerima SK Bank Sampah ini, Anak Agung Gede Risnawan yang didampingi Sekertaris Dinas Lingkungan Hidup I Wayan Tagel Sidharta dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa, I Wayan Budha berpesan agar bisa terus saling bekerja sama dengan para pihak baik jajaran pemerintah maupun pihak swasta agar tidak henti mengedukasi warga terkait pengelolaan sampah.

Baca Juga :
Selamet Rahardjo : Jangan Pesimistis Melihat Koruptor

Sekjen Asosiasi Bank Sampah Indonesia Denpasar ( ASOBSI) Ni Wayan Riawati yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Acara tersebut mengungkapkan, terkait dengan penyelenggaraan acara, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi para kader bank sampah yang sudah bekerja keras untuk terus mengedukasi warga agar bijak mengelola sampah.

“Kami melalui para kader bank sampah siap sebagai wadah pembelajaran pengelolaan sampah untuk warga. Dan semangat ini akan terus di gelorakan,” kata Riawati. (RED-MB)