Foto:  Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara buka Job Fair ke-15 di Kawasan Parkir Utara, Lapangan Taman Kota Lumintang Denpasar, Kamis (4/10).

Denpasar (Metrobali.com)-

Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar kembali menggelar Job Fair ke-15, setelah Job Fair sebelumnya dinyatakan telah mampu menyerap tenaga kerja  mencapai 30 persen lebih. Acara tersebut di buka secara resmi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Kawasan Parkir Utara, Lapangan Taman Kota Lumintang Denpasar, Kamis (4/10). Pelaksanaan  Job Fair terus mendapatkan evaluasi dan peningkatan pelaksanaan yang terlihat  kali ini keikut sertaan dari Kementerian Ketenaga Kerjaan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Rai Iswara mengatakan keberadaan Job Fair adalah bentuk monitoring dan evaluasi terkait kualitas, kompetensi dan kebutuhan tenaga kerja di Kota Denpasar. “Pemerintah adalah fasilitator, ketatnya persaingan tenaga kerja mengharuskan masyarakat terus meningkatkan kompetensinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkot Denpasar berkomitmen menyiapkan tenaga kerja yang siap bersaing dalam tataran Global. “Dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), kesempatan kerja jauh lebih luas namun persaingannya juga lebih ketat, inilah alasan mengapa Pemkot terus berupaya bersinergi dengan semua pihak terkait baik instansi pendidikan, dan khususnya para pengusaha yang tentunya menyiapkan lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar, IGA Rai Anom Suradi mengatakan pelaksanaan Job Fair memang mengacu pada standar nasional. Syarat kembali membuka Job Fair adalah apabila capaian serapannya mencapai minimal 30 persen. “Pelaksanaan Job Fair kemarin capaian serapan tenaga kerjanya lebih dari itu,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan pihaknya optimis bahwa kedepan pelaksanaan Job Fair akan terus mengalami peningkatan serapan tenaga kerja. “Dalam hal ini kami juga menyiapkan program uji kompetensi gratis untuk siswa siswi di Kota Denpasar, belum lama ini 300 siswa SMK di Denpasar sudah siap kerja dengan kompetensi yang memenuhi syarat,” jelasnya.

Baca Juga :
STIKI Indonesia Launching Aplikasi Android Berbasis Kearifan Lokal Bali

“Kedepan program ini akan terus dilanjutkan, rencananya 10 besar setiap kelas siswa SMA/SMK akan diberikan uji kompetensi secara gratis,” tambahnya.  Diketahui Job Fair kali ini melibatkan 31 perusahaan dengan jumlah lowongan pekerjaan yang dicari sejumlah 1.554.

Menurut salah satu pelamar Kadek Darma Astawan mengatakan sangat merasa terbantu dengan dilaksanakannya Job Fair ini. “Saya baru lulus kuliah dan kesempatan ini menjadi peluang besar khususnya untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai,” ungkapnya.

Sumber : Humas Pemkot. Denpasar