Buleleng (Metrobali.com)-

Setelah dua tahun vakum, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng kembali menggelar lomba gerak jalan serangkaian dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022. Kali ini, peserta yang akan mengikuti lomba wajib mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap untuk anak-anak dan vaksin dosis ketiga untuk dewasa.

Hal itu terungkap saat KONI Buleleng menyelenggarakan konferensi pers terkait penyelenggaraan lomba gerak jalan, Kamis (2/6).

Ketua KONI Buleleng Ketut Wiratmaja saat ditemui usai konferensi pers menjelaskan kewajiban peserta untuk divaksinasi menjadi persyaratan khusus dalam lomba gerak jalan kali ini. Peserta dari tingkat SD hingga SMP wajib vaksin lengkap dua kali. Sedangkan, untuk dewasa dari SMA/SMK hingga kategori umum wajib sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster Covid-19. Persyaratan khusus ini sebagai upaya untuk memenuhi protokol kesehatan (prokes). “Dan juga harapan dari pemerintah dalam tercapainya target vaksinasi hingga dosis ketiga bisa terpenuhi bahkan terlampaui,” jelasnya.

Kegiatan lomba gerak jalan ini tidak terlaksana selama dua tahun dikarenakan pandemi Covid-19. Oleh karena itu, koordinasi dengan instansi terkait dilakukan lebih awal. Termasuk mengirim surat kepada pihak kepolisian dan Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng. Penyelenggaraan lomba gerak jalan dan meningkatnya hadiah setiap tahunnya juga merupakan komitmen dan perhatian dari Bupati Buleleng kepada bidang olahraga. Dari tahun 2017 hingga terakhir dilaksanakan pada tahun 2019, hadiahnya terus meningkat. “Bahkan kemarin kategori dewasa 45 kilometer hadiahnya ditambah dari Rp35 juta menjadi Rp50 juta,” ucap Wiratmaja.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan mewakili Pemkab Buleleng menyatakan dukungannya terhadap penyelenggaran lomba gerak jalan tahun ini. Ini dikarenakan lomba gerak jalan yang sudah menjadi tradisi, vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Lomba gerak jalan ini juga sangat ditunggu oleh masyarakat Buleleng. “Saya memberikan apresiasi kepada KONI Kabupaten Buleleng karena sudah berani mengambil tindakan jauh-jauh hari,” kata dia.

Baca Juga :
Sensible Thesis Examples In Literature Plans - For Adults

Dirinya meyakini walaupun pandemi belum berubah menjadi endemi, bukanlah suatu masalah untuk penyelenggaraan lomba gerak jalan tahun ini. Dengan persyaratan wajib vaksinasi, dapat membantu mencapai target yang telah ditentukan. Terutama booster yang belum mencapai 50 persen. “Sekaligus nanti kita pakai momentum ini untuk peserta yang ada, termasuk yang berkecimpung di kegiatan ini untuk sama-sama memastikan diri sudah vaksin booster,” imbuh Suwarmawan.

Lomba Gerak Jalan delapan kilometer untuk tingkat SD akan digelar pada tanggal 8 Agustus 2022 dan tingkat SMP akan digelar pada tanggal 9 Agustus 2022. Gerak jalan 17 kilometer putri untuk tingkat SMA/SMK, mahasiswa, umum, dan dinas/badan/BUMD akan digelar pada tanggal 10 Agustus 2022. Untuk gerak jalan 45 kilometer putra SMA/SMK, mahasiswa, umum, dinas/badan/BUMD akan digelar pada tanggal 13 Agustus 2022. Sedangkan, gerak jalan kocak atau kreatif untuk umum pada tanggal 11 Agustus 2022.

Pendaftaran peserta dibuka dari tanggal 11 hingga 28 Juli 2022 dan pertemuan teknik akan digelar pada tanggal 29 Juli 2022.

 

Sumber : Humas Pemkab Buleleng