Pemain GODFATHER

Pemeran film “The Godfather”

New York (Metrobali.com)-
Abe Vigoda, aktor Amerika yang dikenal dengan perannya dalam film “The Godfather” dan komedi situasi 1970an “Barney Miller,” meninggal dunia pada usia 94 tahun Selasa (26/1), setelah selama tiga dekade berkelakar menyangkal kabar kematiannya.

Anak perempuan Vigoda, Carol Vigoda Fuchs, mengatakan ayahnya meninggal dunia di rumahnya di New Jersey.

“Dia meninggal dunia dalam tidur, karena sebab alami. Dia tidak sakit,” katanya kepada kantor berita Reuters.

Vigoda berperan sebagai mafia pengkhianat Salvatore Tessio dalam film “The Godfather” tahun 1972.

Karakternya dikutuk karena mengkhianati keluarga Corleone dalam film tapi dia kembali muncul sebagai kameo dalam adegan kilas balik “The Godfather Part II” dua tahun lalu.

Perannya yang paling terkenal adalah sebagai Sersan Detektif Phil Fish yang datar dan pemarah dalam serial komedi polisi “Barney Miller”.

Dia tiga kali masuk nominasi penerima penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik Emmy untuk peran itu.

Vigoda menghabiskan bertahun-tahun membuktikan bahwa dia masih hidup setelah majalah People salah menyebut “mendiang Abe Vigoda” tahun 1982, ketika dia berusia 62 tahun. Pertanyaan tentang kematiannya kemudian menjadi lelucon berkelanjutan.

Untuk membantah laporan People, dia berfoto duduk di peti mati. Status hidup atau matinya sering menjadi bahan bercandaan dalam kemunculannya kembali di pertunjukan malam Conan O’Brien dan David Letterman, tempat dia memberitahu pemandu acara,”Saya belum mati, bodoh!”

Vigoda juga berperan dalam film-film di mana umur panjangnya menjadi lelucon dan tampil bersama aktris Betty White dalam iklan Super Bowl Fabruari 2010.

Situs www.abevigoda.com dibuat hanya untuk menyampaikan status “Abe Vigoda masih hidup” di atas foto sang aktor dengan stempel waktu dan tanggal. Pada Selasa statusnya diubah menjadi “Abe Vigoda meninggal.”

Vigoda lahir di New York City pada 24 Februari 1921 dengan nama Abraham Charles Vigodah, putra imigran Yahudi dari Rusia. Ayahnya seorang penjahit.

Dia mendapat peran di panggung pada usia 17 tahun, kemudian menghilangkan “H” dari bagian terakhir namanya, dan sukses di bioskop dan televisi pada tahun 1960an.

Vigoda sudah 50 lebih ketika mendapat peran dalam “The Godfather.” Dalam sebuah wawancana dengan CNN, Vigoda mengenang ketika dipanggil ke kantor sutradara Francis Ford Coppola.

“Kelihatannya dia melihat saya di teater,” kata Vigoda, menambahkan bahwa alasan Coppola “tertarik pada saya adalah karena tak seorangpun mengenal wajah saya.”

Vigoda mengatakan berperan bersama aktor seperti Marlon Brando, Al Pacino dan James Caan dalam film terhebat Hollywood telah mengubah hidupnya.

Dari sana, Vigoda bergerak ke serial “Barney Miller”.

“Saya dapat peran itu karena produsernya berpikir saya terlihat lelah,” kata Vigoda.

“Tapi saya lelah karena sebelumnya jogging pada hari itu.” kata Vigoda, yang masih jogging sampai usia 80 tahun.

Vigoda masih bekerja di TV dan film pada usia 80 tahunan, termasuk dalam film “Good Burger,” “Joe Versus the Volcano,” “Look Who’s Talking” dan “Cannonball Run.”

Dia juga muncul dalam serial televisi seperti “Soap,” “The Rockford Files,” “Wings” dan opera sabun vampir “Dark Shadows.” Sumber : Antara