Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menghadiri pelantikan Ketua Antar Waktu DPC LVRI Badung di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Jumat (26/1)/MB

Mangupura, (Metrobali.com) –

            I Gusti Ngurah Sandiartha dilantik sebagai Ketua Antar Waktu Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Badung masa bakti 2016-2021. Pelantikan ini dilakukan sehubungan Ketua LVRI Badung sebelumnya telah meninggal. Pelantikan dilakukan oleh Ketua DPD LVRI Bali I Gusti Bagus Saputera. Pelantikan dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Kadis Sosial I Ketut Sudarsana serta LVRI Badung di Wantilan Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, Jumat (26/1).

            Sekretaris LVRI Badung I Made Sandi melaporkan, Kepengurusan DPC LVRI Badung telah dipilih melalui Muscab pada 26 Oktober 2016 dan terpilih I Wayan Tegug sebagai Ketua. Baru kurang satu tahun Beliau mengemban tugas, tepat tanggal 2 Nopember 2017 Beliau dipanggil Yang Maha Kuasa. Untuk mengisi kekosongan jabatan Ketua, telah diadakan rapat guna memilih Ketua Antar Waktu LVRI Badung. Setelah melalui diskusi dan perundingan akhirnya secara aklamasi memilih I Gusti Ngurah Sandiartha sebagai Ketua. Telah ditetapkan dengan SK Ketua Dewan Pimpinan Daerah LVRI Propinsi Bali No: Skep-05/MDLVRI/XII/2017 tanggal 27 Desember 2017.

            Wabup. Suiasa dalam sambutannya menekankan, LVRI sebagai organisasi yang mewadahi para Veteran, tentunya memiliki peranan yang sangat besar, apalagi dikendalikan oleh para pengurus yang sungguh-sungguh tulus ikhlas mengabdi untuk kepentingan Veteran. Peranan Legiun Veteran sangat diperlukan dalam hal pendidikan Nasionalisme terutama dalam lingkup keluarga, berbagai perkembangan dan dinamika kehidupan yang terjadi di masyarakat sangat membutuhkan perhatian, pemikiran dan masukan dari orang-orang yang memiliki pengalaman dalam hal ini seperti para Veteran. Keteladan dari para Veteran di masyarakat amat berpengaruh besar dalam membangun kehidupan bangsa yang berkualitas, maju dan sejahtera. Berbagai pengalaman para veteran tentunya akan menjadi panutan bagi generasi penerus, terutama dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan bangsa. Untuk itu Suiasa berharap kepada seluruh anggota Veteran, agar tetap bersemangat untuk terus mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara. “Percayalah pengalaman dan kerja keras yang telah para veteran lakukan masih sangat diperlukan oleh kita semua sebagai tuntunan untuk membawa bangsa dan negara ini ke arah yang lebih baik,” jelasnya. Suiasa juga mengucapkan selamat kepada I Gusti Ngurah Sandiartha yang terpilih sebagai Ketua Antar Waktu LVRI Badung dan pelantikan pengurus LVRI Badung yang baru. Suiasa mengajak anggota LVRI bersama-sama mengabdi membangun badung, sesuai perjuangan veteran dalam rangka membangun masyarakat sejahtera, adil dan makmur.

Baca Juga :
Menteri Pertanian Sidak Pasar Induk Kramat Jati

            Ketua DPD LVRI Provinsi Bali I Gst. Bagus Saputera mengatakan, veteran adalah warga negara Indonesia yang tergabung dalam kesatuan bersenjata secara resmi diakui oleh pemerintah yang berperan aktif dalam perjuangan peperangan melawan bangsa asing atau yang gugur dalam perjuangan memperjuangkan kemerdekaan, menegakan persatuan republik Indonesia dan yang ikut dalam perdamaian dunia. Dalam kata veteran diperluas bukan hanya kesatuan bersenjata tetapi juga PMI, dapur umum, mata-mata dan yang lainnya yang terlibat didalamnya. Misi veteran ada 7 (tujuh) yakni; pertama, mengorganisir organisasi veteran yang kuat, sehat dan sejahtera, kedua, membela kedaulatan UUD 1945 dan Pancasila, ketiga, kode etik kehormatan veteran Panca Marga, keempat, berpartisipasi dalam pembangunan, kelima mewariskan nilai-nilai perjuangan 1945 kepada generasi penerus, keenam, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ketujuh, turut menjaga ketertiban dan perdamaian dunia. RED-MB