Denpasar (Metrobali.com)-

Pelaksanaan APBD Provinsi Bali sepanjang Tahun 2012 yang tertuang dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah mendapat apresiasi positif dari lima Fraksi DPRD Bali. Hal tersebut terungkap dalam Sidang Paripurna DPRD Bali yang mengagendakan pandangan umum fraksi atas Ranperda dimaksud di Ruang Sidang Utama DPRD Bali, Senin (24/6).

Lima fraksi DPRD Bali antara lain menggarisbawahi terlampauinya target pendapatan pada tahun tersebut hingga mencapai 106,91 persen. Realisasi pendapatan pendapatan daerah pada tahun tersebut mencapai Rp. 3,633 trilyun dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 3,398 trilyun Sedangkan belanja daerah mengalami efisiensi dari Rp. 4,102 trilyun yang dianggarkan, terealisasi sebesar Rp. 3,562 triliun.

Fraksi Partai Golkar dalam pandangan umumnya yang dibacakan I Nyoman Sugawa Korry menilai pencapaian aspek pendapatan daerah telah mencapai batas-batas optimal jika dikaitkan dengan rencana yang ditetapkan. Ke depannya, FPG mendorong pihak eksekutif untuk terus mencari terobosan dalam peningkatan PAD sehingga lebih banyak lagi dana yang bisa dimanfaatkan untuk membiayai program pro rakyat.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Fraksi PDIP dalam pandangan umumnya. “Kami memberikan apresiasi kepada Saudara Gubernur beserta segenap jajarannya karena telah mampu meningkatkan pendapatan daerah secara signifikan,” ujar I Nyoman Parta,SH selaku pembaca pandangan umum F-PDIP. Selanjutnya FPDIP mengingatkan agar pemerintah daerah tetap menganut politik anggaran yang berpihak pada pemberdayaan masyarakat kurang mampu. Selain itu, pihak eksekutif juga harus mengedepankan keseimbangan pembangunan antar wilayah.

Sementara Fraksi Partai Demokrat banyak mengulas tentang keberhasilan pembangunan selama kurun waktu lima tahun terakhir diantaranya menurunnya angka kemiskinan, peningkatan PDRB dan sejumlah keberhasilan lainnya. Fraksi Partai Demokrat mendukung keberlanjutan berbagai program pro rakyat tersebut pada Bali Mandara Jilid II. Harapan untuk keberlanjutan dan penyempurnaan Program Bali Mandara Jilid II juga disampaikan Fraksi Benteng Indonesia Raya dan Fraksi Mandara Jaya. DP-MB