Klungkung, (Metrobali.com)
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menghadiri Rapat Koordinasi Pengembangan Fasilitas Pelabuhan Laut Nusa Penida di Ruang Rapat Kantor Bupati Klungkung, Senin (11/4).
Kepala Kantor Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas II Nusa Penida I Ketut Gede Sudarma menyampaikan bahwa  kegiatan penataan sudah berjalan sejak Januari 2022, sesuai dengan masterplan (Rencana Induk Pelabuhan). Sumber dana menggunakan APBN 2022 Kementerian Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kurang lebih sebesar 55 milyar. Sementara tahun ini pengembangan fokus pada fasilitas di sisi laut, seperti pembangunan dermaga ponton dan penambahan panjang trestle. Kemudian tahun 2023 direncanakan pembangunan terminal penumpang.
Bupati Suwirta menyampaikan terima kasih dan mendukung pengembangan pelabuhan ini dalam rangka menambah layanan dan penataan pelabuhan di Nusa Penida. Dalam arahannya disampaikan agar koordinasi dapat ditingkatkan, antara UPP dengan Pemda/dinas terkait, termasuk setiap progress dan kendala di lapangan agar diinformasikan seperlunya.
Beberapa masukan mengenai rencana pembangunan terminal, diantaranya design terminal agar mengakomodir tempat layanan retribusi atau kantor bersama. Design atau pengaturan alur penumpang dan transportasi darat juga perlu perhatian cermat, sebagai antisipasi kemacetan.
Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Perhubungan, Nyoman Sucitra, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Klungkung Anak Agung Gede Lesmana, Camat Nusa Penida I Komang Widyasa Putra dan instansi terkait lainnya. (RED-MB)
Baca Juga :
Mendukung Kampanye Pemilu Damai, Relawan YYDiaz Ikrarkan Tujuh Point Petisi