Tabanan (Metrobali com) 

 

Gubernur Bali, Wayan Koster tiba-tiba mengunjungi STT. Dwi Dharma Putra di Banjar Gubug Belodan, Desa Adat Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan yang sedang membuat Ogoh-Ogoh ‘Raksasa’ pada, Jumat (Sukra Paing Ugu) 25 Februari 2022 malam, usai orang nomor satu di Pemprov Bali ini meninjau infrastruktur pendukung KTT G20 bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Panjaitan di Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai dan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Padangsambian di Kota Denpasar serta TPST Mengwitani di Kabupaten Badung.

Kedatangan Gubernur Wayan Koster dihadapan Yowana/Sekaa Truna tidak disangka-sangka akan datang, bahkan sampai megagapan nasi jinggo dan kopi tanpa gula isi arak.

Pada kesempatannya, Gubernur Koster memberikan semangat dan motivasi kepada STT. Dwi Dharma Putra yang sedang membuat Ogoh-Ogoh ramah lingkungan dan latihan megambel. Gubernur Bali kemudian menjelaskan tujuan kedatangannya secara diam-diam dan mendadak, yakni untuk mengetahui proses pembuatan Ogoh-Ogoh yang dilakukan oleh Yowana / generasi muda pada malam hari, mengingat Ogoh-Ogoh ini akan dijadikan salah satu prasarana Nyomya Bhuta Kala saat malam pengrupukan, atau sebelum Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1944.

 

“Saya sangat apresiasi para Yowana yang telah semangat melestarikan kebudayaan Bali, dan Ogoh- Ogoh yang dibuat sudah sesuai dengan harapan Kita bersama yakni ramah lingkungan,” ujar Gubernur Koster yang tercatat telah mengeluarkan Perda Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali ini, serta Pergub Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

 

Yowana / Sekaa Truna Dwi Dharma Putra merasa bangga dikunjungi Gubernur Wayan Koster dan mengucapkan terimakasih dengan mengajak Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini toast (bersulang, red) kopi tanpa gula isi arak, yang kemudian disambut tepuk tangan.

Baca Juga :
Kapolda NTB: Penuntasan lahan Sirkuit Mandalika terus berjalan

 

Mengakhiri kunjungannya, Gubernur Bali, Wayan Koster berpesan kepada Sekaa Truna Dwi Dharma Putra untuk tetap menjaga kesehatan. Kemudian para Sekaa Truna Dwi Dharma Putra dengan kompak memekikan semangat merdeka dihadapan Gubernur Koster.

 

Sebelumnya Gubernur Bali jebolan ITB ini dengan gaya blusukannya dan senyap tercatat telah meninjau pembuatan Ogoh – Ogoh ‘Kepet Agung’ yang dibuat oleh Sekaa Truna Yowana Saka Bhuwana, Banjar Tainsiat, Kota Denpasar pada, Minggu (Redite Paing Ugu) 20 Februari 2022 dan meninjau pembuatan Ogoh – Ogoh ‘Celuluk’ yang dibuat oleh Yowana / Sekaa Truna Sentana Luhur, Banjar Kelodan, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar pada, Senin (Soma Pon Ugu) 21 Februari 2022. (RED-MB)