Jakarta (Metrobali.com)-

PDI Perjuangan mewaspadai pergantian pejabat tinggi di lingkungan lembaga penegak hukum yakni Kejaksaan dan Kepolisian bukan karena pertimbangan karir dan kepangkatan tapi sarat kepentingan politis.

“Kami mencermati pergantian pejabat tinggi di Kepolisian dan Kejaksaan tidak tertutup kemungkinan karena adanya permintaan khusus,” kata Ketua Bidang Hukum DPP PDIP, Trimedya Panjaitan di sela Rapat Kerja Fraksi PDIP DPR RI, di Jakarta, Senin (9/12).

Menurut Trimedya, berdasarkan percermatan PDI Perjuangan, pejabat-pejabat yang diangkat adalah sering orang-orang yang di luar perkiraan publik.

Publik, kata dia, memperkirakan pejabat yang diangkat adalah figur sesuai dengan jenjang kepangkatannya dan berprestasi baik.

“Pejabat yang diangkat kadang-kadang karirnya kurang cemerlang, sehingga menjadi tanda tanya,” katanya.

Apalagi, kata Trimedya, saat ini adalah tahun politik sehingga menguatkan kewaspadaan adanya permintaan khusus dari pihak tertentu.

Ketika ditanya bagaimana pandangan PDI Perjuangan terhadap lembaga penegak hukum, Trimedya mengatakan, partainya menaruh kepercayaan lebih tinggi kepada Komisi Pemberantasan Korupso (KPK) daripada lembaga penegak hukum lainnya yakni Kejaksaan dan Kepolisian. AN-MB

Baca Juga :
Penurunan Angka Kesembuhan Ialah Peringatan Untuk Meningkatkan Kewaspadaan