PDI Perjuangan Bali Sukses Gelar Grand Final Lomba Mixologi Arak Bali di Karangasem, Bawa Arak Bali Mendunia

Metro Bali
single-image

Foto: Kordinator Lomba Mixologi Arak Bali, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. (C) I Made Ramia Adnyana, S.E., M.M., CHA., menyerahkan hadiah kepada juara lomba.

Karangasem (Metrobali.com)-

DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menggelar final Lomba Mixologi Arak Bali di Taman Ujung, Kabupaten Karangasem, Sabtu (1/5/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan yang ke 48 dengan tema utama “Berkepribadian Dalam Bidang Kebudayaan” dan Sub Tema “Implementasi Nangun Sat Kerthi Loka Bali”.

Kordinator Lomba Mixologi Arak Bali, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. (C) I Made Ramia Adnyana, S.E., M.M., CHA., mengungkapkan Lomba Mixologi Arak Bali telah sukses dilaksanakan Pada Tanggal 03 April 2021 secara serentak di 9 Kabupaten / Kota se Bali. Tiga besar pemenang lomba masing-masing kabupaten mengikuti final lomba ini.

Dikatakan Kabupaten Karangasem, khususnya Desa Merita di kenal sebagai tempat penghasil arak terbaik di Bali. Lomba Mixologi Arak Bali sebagai Implementasi Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan atau distilasi Khas Bali.

Arak yang telah di kenal oleh masyarakat khususnya masyarakat Bali memiliki banyak manfaat yaitu di gunakan sebagai sarana upacara, sebagai sarana pengobatan tradisional, sebagai jamuan dan di gunakan sebagai bahan penelitian.

“Lomba Arak Bali dilaksanakan bekerjasama dengan Indonesia Food & Beverage Executive (IFBEC), dan Indonesia Bartender Association (IBA) dengan tujuan untuk menggaungkan produk Arak Bali ke pasar Internasional terutama target pasar pariwisata agar arak Bali mendunia” terang Ramia Adnyana yang juga Wakil Ketua Bidang Pariwisata DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini.

Pelaksanaan lomba ini dilaksanakan sebagai bentuk keberpihakan terhadap petani lokal Bali terutama petani Arak Bali sesuai arahan Gubernur Bali. Pada saat Final lomba Mixologi produk yang digunakan tentunya Arak Bali yang legal dan telah memiliki BPOM dan merupakan produk Bali asli.

Baca Juga :
Kapolda: Tak ada potensi teror jelang Natal di Bali

Peserta lomba tidak boleh menggunakan bahan plastik untuk menjaga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, Pada saat lomba peserta diwajibkan untuk mengenakan busana adat Bali sesuai Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 Tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali.

Selama pelaksanaan lomba kita terapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan ketat dengan mewajibkan peserta final dan panitia untuk swab antigen sebelum mengikuti acara. Kedua lomba juga akan bisa di tonton secara daring melalui Link Zoom dan live streaming melalui Kanal Youtube.

Final Lomba Mixologi Arak Bali ini dipersiapkan  secara maksimal dengan melibatkan seluruh Komite IFBEC dan ABI serta pengrajin arak agar kedua lomba ini memberi manfaat yang maksimal terhadap peserta lomba dan masyarakat umum terutama Petani Arak Bali.

Lima Pemenang Lomba membawa hadiah yang cukup besar salah satunya juara satu akan membawa pulang  15 juta rupiah. Nama-nama juara Final Mixology Arak Bali 2021 yakni Agus Hermanto (Gianyar), Ketut Rudi Pangestu (Buleleng), Bacudewa Khrisna(Denpasar), Adi Mahendra (Gianyar) dan Erik Handika (Jembrana).

Keberpihakan PDI Perjuangan kepada produk lokal telah dibuktikan dengan totalitas kegiatan lomba final ini yang bisa membawa Arak di jadikan kekuatan ekonomi baru yang berbasis kerakyatan dan kearifan lokal Bali.

Dengan diadakan lomba final Arak ini khusus di Kabupaten Karangasem, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa Arak yang lahir di kabupaten ini adalah salah satu anugrah istimewa yang bisa di kembangkan dan harus di jaga kelestariannya.

“Mari hargai dan gunakan produk lokal demi Bali yang lebih sejahtera,” pungkas Ramia Adnyana Adnyana yang juga Wakil Ketua Umum IHGMA (Indonesian Hotel General Manager Manager Association) ini.

Sementara itu Ketua Umum HUT ke 48 PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya mengungkapkan sebelumnya berbagai macam kegiatan lomba telah dilakukan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali serangkaian HUT ke-48 PDI Perjuangan.

Baca Juga :
Bawaslu Bali Tambah PPL Saat Pilpres

Diantaranya Lomba Cocktals Berbahan Dasar Arak Bali, Lomba Barista Kopi Bali, Lomba Cerdas Cermat Susastra Bali, Lomba Design Kreatif Motif Endek Bali, Desain Kreasi Busana Adat Pakem Bali, Lomba Website Aksara Bali

Di samping lomba juga dilaksanakan kegiatan baksi sosial antara lain; Pembersihan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut. Memberikan bantuan kepada Mahasiswa dan Siswa Yatim Yang Berprestasi. Ada pula Atraksi Pengobatan Traditional Bali Menggunakan Mantra, Ramuan dan/atau Tindakan. (wid)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.