Jembrana (Metrobali.com)
Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana melalui Bidang Kesehatan Hewan, Senin (31/5/2021) menggelar vaksinasi dan pengobatan gratis terhadap hewan penular rabies di Desa Baluk, Kecamatan Negara.
Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Baluk menjadi perhatian warga khususnya yang memelihara hewan seperti anjing dan kucing. Mereka bahkan rela antri untuk mendapatkan vaksin rabies maupun pengobatan gratis bagi hewan kesayangannya.
Kabid Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, drh Wayan Widarsa mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kasus gigitan anjing rabies terhadap dua orang warga Desa Baluk seminggu lalu.
“Tadi, total ada 39 ekor hewan yang divaksin, 29 ekor anjing dan 10 ekor kucing. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kasus gigitan rabies bisa dicegah”  ujarnya, Senin (31/5/2021).
Sesuai SOP lanjutnya, respon terhadap kasus gigitan hewan penular rabies harus sudah dilakukan 1X24 jam setelah hasil lab keluar tanpa mengenal hari libur atau hari kerja. “Kemarin sebenarnya sudah. Karena belum maksimal kita lanjutkan hari ini” terangnya.
Kasus gigitan anjing rabies di Jembrana hingga bulan Mei 2021 terjadi 7 kasus yakni 6 kasus di Kecamatan Melaya dan 1 kasus di Kecamatan Negara. (Komang Tole)
Baca Juga :
Kapolda Metro Jaya dan Jabar Dicopot, Tak Tegakkan Protokol Kesehatan