Jembrana (Metrobali.com)

 

Seperti di ketahui, hari raya Idul Fitri tahun 2022 tinggal menghitung beberapa hari lagi. Hari ini, tepatnya Jumat sore (29/4) Bupati I Nengah Tamba kembali memantau situasi terkini arus mudik di pelabuhan penyebrangan Gilimanuk.

Dari pantauan lapangan , terjadi kepadatan khususnya dikantong parkir yang didominasi kendaraan roda empat, maupun roda dua yang menunggu antrian untuk menyebrang ke pulau Jawa. Sebagaimana data yang himpun ASDP Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk sekitar 45.844 penumpang telah meninggalkan Bali mulai 28 April kemarin pagi hingga 29 April pagi tadi.

Bupati Tamba mengatakan, kehadirannya di pelabuhan Gilimanuk untuk mengetahui secara intens update perkembangan arus mudik menjelang hari Lebaran.

“Kemarin, Kapolri dan Kapolda Bali sudah mengecek secara langsung di pelabuhan Gilimanuk. Kali ini, kita jajaran di Jembrana kembali memantau secara langsung update situasi dan kondisi dilapangan. Memang terjadi peningkatan sehingga menimbulkan kepadatan dilihat dari banyaknya pemudik yang mengantre dikantong parkir untuk menyeberang ke pulau Jawa,” ucapnya.

Disela-sela pemantauan, Bupati Tamba yang didampingi Kapolres Jembrana AKBP. I Dewa Gede Juliana berkesempatan berdialog bersama para pemudik yang menunggu antrian untuk menyebrang.

“Sambil mengisi waktu menunggu menyebrangan, manfaatkan pos-pos yang tersedia, untuk beribadah, berbuka puasa dan beristirahat sejenak. Tetap waspada dan hati-hati dijalan, sehingga selamat sampai ditujuan dan bisa berlebaran bersama seluruh sanak keluarga,” ujar Bupati kepada salah satu pemudik tujuan kota Solo.

Terlepas dari itu, Bupati asal Desa Kaliakah tersebut menuturkan keberadaan pelabuhan gilimanuk, sebagai sebagai salah satu pintu keluar dan masuk di Pulau Bali, tentu menjadi menjadi atensi khusus , apalagi pada momentum mudik lebaran seperti sekarang ini. ” Momentum mudik ini, tentu menjadi atensi khusus, bahkan pak kapolres serta teamnya mondok disini dan kita jajaran Pemda juga harus ikut serta, untuk bersama-sama sehingga situasi arus mudik ini dapat berjalan dengan kondusif bahkan nanti juga pada arus baliknya pun harus kondusif,” pungkasnya.

Baca Juga :
Ditemani Sunset, Dua Ribu Penari Tari Tenun Pukau Penonton Petitenget Festival

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Sekda I Made Budiasa, pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Jembrana serta seluruh petugas terkait.( RED-MB)