penghargaan muri pangdam

Denpasar (Metrobali.com) –

Menghadapi dinamika pelaksanaan tugas dan perkembangan situasi di wilayah, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam IX/Udayana menekankan setiap prajurit dan satuan Kodam IX/Udayana untuk senantiasa mengembangkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi.

Atas hal itu, Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI, Torry Djohar Banguntoro terus akan melakukan kewaspadaan dalam mengantisipasi ancaman yang masuk ke wilayah yang ia pimpin. Menurutnya, tidak hanya satuan dan organisasi melainkan seluruh lapisan masyarakat untuk bergandengan tangan menjaga keamanan Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Terus kita lakukan tidak hanya satuan organisasi tentunya kita bersinergis dengan semua komponen, kita mendeteksi yang sedang trend sekarangkan ISIS, disana tidak hanya diisi orang Timur Tengah, ada juga bangsa kulit putih ada Eropa, Australia intinya kita waspada bukan berarti kita menolak kedatangan orang asing, disini dengan waspada bergandengan tangan memberikan informasi dengan cepat menjaga keamanan Bali dan Nusra,” katanya usai perayaan HUT Kodam IX/ Udayana di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Rabu (27/5).

Ditanya apakah sudah terdeteksi adanya paham tersebut di Bali, pihaknya menegaskan jika hingga saat ini belum ada indikasi adanya ancaman ISIS ke wilayah Bali dan Nusra.“Sementara ini belum terlihat, dari beberapa laporan Polri dan TNI belum ada laporan,” ungkapnya.

Torry hanya menekankan kepada prajurit dan satuan Kodam IX/Udayana harus senantiasa mengembangkan kepekaan,  kewaspadaan, dan kesiapsiagaan yang tinggi. “Antisipasi secara dini setiap gangguan dan ancaman yang berkembang dan mungkin terjadi diwilayah masing-masing,” katanya.

Selain itu pihaknya juga mengingatkan, dalam rangka optimalisasi pencapaian tugas pokok agar senantiasa mengobarkan semangat keprajuritan yang dilandasi dengan sapta marga, sumpah prajurit dan delapan wajib TNI.

Baca Juga :
PKB 2014, Merajut Elektabilitas Budaya

” Jalin koordinasi dan sinergi dengan berbagai komponen bangsa, termasuk pemerintah daerah, dan kepolisian Republik Indonesia. Dan kami juga akan mantapkan terus Kemanunggalan TNI-rakyat dengan senantiasa penduli dan siap membantu mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat sekitar,” tutup Torry.SIA-MB